Pemerintah Buat Peta Baru, Laut Cina Selatan Diganti Laut Natuna

6317
Pesona Indonesia
Natuna-Anambas
Natuna-Anambas

batampos.co.id – Asisten III Bidang Administrasi Pemkab Natuna, Basri mengungkapkan, pemerintah sudah membuat peta baru untuk wilayah Natuna.

Peta ini, kata Basri, sudah menguatkan Natuna dari klaim Cina di Laut Cina Selatan selama ini, yang masuk di zona ekonomi eksklusif Indonesia.

“Pemerintah sudah buatkan peta baru untuk wilayah Natuna. Tidak ada lagi nine dash line yang dibuat Cina. Sekarang peta lagi dibuatkan bingkai untuk d pajang,” kata Basri, Jumat (12/8).

Dalam peta tersebut, terang Basri, sebelumnya dinamai Laut Cina Selatan, sudah diganti nama Laut Natuna. Secara nasional perubahan tersebut sudah berlaku.

Penamaan itu juga, sambung Basri, Laut Natuna hingga perbatasan ZEEI di Laut Cina Selatan. Sebelumnya ZEEI masih dinamai Laut Cina Selatan.

Dikatakan Basri, peta baru wilayah Natuna untuk mempertegas wilayah kedaulatan NKRI, dari klaim wilayah tradisional nelayan Cina sebelumnya dan nine dash line. Penegasan juga berdasarkan gugatan Filipina yang diterima di Mahkamah Internasional terkait klaim batas laut oleh Cina wilayahnya.

“Tentu keputusan pengadilan internasional itu berlaku untuk Natuna. Namun penamaan peta baru belum berlaku di internasional, tentu itu ada prosesnya,” ujar Basri. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar