Alhamdulillah, Rahma-Rahmi Berhasil Dipisahkan, Kondisnya Stabil

3711
Pesona Indonesia
Suasanba operasi pemisahan Rahma-Rahmi yang disiarkan di layar lebar di satu ruangan khusus yang b isa diakses pengunjung, Minggu (14/8/2016). Foto: eggi/batampos.co.id
Suasanba operasi pemisahan Rahma-Rahmi yang disiarkan di layar lebar di satu ruangan khusus yang b isa diakses pengunjung, Minggu (14/8/2016). Foto: eggi/batampos.co.id

batampos.co.id – Kembar siam Rahma-Rahmi berhasil dipisahkan dalam operasi yang yang melibatkan 33 dokter di Rumah Sakit Awal Bros Batam, Minggu (14/8/2016). Saat ini kondisi Rahma-Rahmi stabil.

Pantauaan batampos.co.id di layar yang disiapkan pihak rumah sakit, operasi pemisahan baru benar-benar dilakukan pada pukul 11.45 WIB. Namun persiapannya telah dilakukan sejak pukul 08.00 WIB.

Tahapa operasi diawali dengan memisahkan liver/hati. Organ vital Rahma-Rahmi itu berhasil dipisahkan pada pukul 12.16 WIB.

Sementara pemisahan secara utuh hanya berjalan 30 menit, tapetnya pada pukul 12.24.

Begitu berhasil dipisahkan, salah satunya dibawa ke kamar operasi lainnya untuk operasi lanjutan penanganan organ-organ vital sebelum dilakukan penutupan luka operasi.

Sementara, satunya masih tetap di kamar operasi yang sama untuk penanganan serupa.

Namun belum diketahui apakah yang Rahma di kamar operasi pertama atau Rahmi di kamar operasi kedua.

Keduanya, terlebih dahulu akan melewati tahap stabilitas. Tim dokter terus memantu pergerakan jantung keduanya dan indikator-indikator lainnya yang menunjukkan keduanya stabil.

Rahma-Rahmi merupakan bayi pasangan Junaidi Bakri Ratulolly dan Warmin Bahruddin. Keduanya lahir di RS Camantha Sahidya pada 29 Maret dengan kondisi berdempet di bagian perut. Melihat kondisi kembar siamnya, tim dokter memutuskan untuk melakukan operasi pemisahan itu di Batam.

Tim dokter tampak berusaha melakukan yang terbaik. Mereka juga meminta dukungan doa dari masyarakat agar operasi ini berjalan lancar dan Rahma-Rahmi selamat. (eggi/nur)

Respon Anda?

komentar