Jantung Rahma Makin Membaik, Butuh Dua Kali Operasi Lagi

1031
Pesona Indonesia
Rahma masih dalam penanganan khusus sxetelah menjalani dua operasi besar. Operasi pemisahan dan operasi jantung. Namun sudah sadar dan kondisinya makin membaik. Foto: eggi/batampos.co.id
Rahma masih dalam penanganan khusus sxetelah menjalani dua operasi besar. Operasi pemisahan dan operasi jantung. Namun sudah sadar dan kondisinya makin membaik. Foto: eggi/batampos.co.id

batampos.co.id -Hasil evaluasi kesehatan Rahma-Rahmi pascaoperasi pemisahan dan operasi lanjutan (jantung) untuk Rahma, menunjukkan perkembangan yang sangat bagus. Senin (15/8/2016) pagi ini, Rahmi makin sehat, sementara kondisi jantung Rahma juga semakin membaik.

“Pagi ini kondisnya semua stabil dan sudah sadar, tapi masih terus dalam pantauan,” ujar Dokter Spesialis Bedah Jantung dr Soetomo Surabaya, dr Heroe Soebroto, SpB-TKV(K), dalam jumpa pers pagi tadi.

Namun Rahma-Rahmi masih ditempatkan di ruang khusus perawatan bayi (PICU/Pediatric Intensive Care Unit) yang terpantau. Tim dokter yang menangani Rahma-Rahmi membatasi kunjungan karena khawatir terjadi inveksi. Hanya orangtua dan tim dokter yang boleh menjenguknya.

Dokter Heroe mengatakan, Rahma memang harus menjalani dua kali operasi pada Minggu (14/8/2016). Setelah operasi pemisahaan, dilanjutkan operasi jantung pada pukul 03.10 untuk mencegah aliran darah yang berlebih ke organ paru-paru. Dengan kata lain mencegah terjadinya gagal jantung yang berisiko kematian.

“Itu operasi pencegahan dan kondisnya baik setelah kami mengecek kondisi detak jantungnya. Kita harus selalu antisipatif,” kata dokter Heroe.

Namun, operasi tersebut belum menyelesaikan semua masalah Rahma. Masih perlu operasi lanjutan yang jadwalnya belum ditentukan kapan dan tempatnya.

Dr Mahrus menambahkan, kondisi jantung Rahmi memang semakin membaik pasca operasi. Bahkan lebih baik dari kemarin. “Itu hasil evaluasi kita tadi pagi,” katanya.

Ia menjelaskan, sebelum operasi, jantung Rahma sempat mengalami penurunan fungsi pompanya setelah operasi pemisahan. Namun, sudah diberikan obat penguat jantung.

Dokter Mahrus juga mengatakan, rongga dada kanan posisi jantung Rahma sedikit bergeser ke kanan. Hal itu baru diketahui setelah pembedahan. Namun semua sudah berhasil diatasi.

“Memang masih butuh dua kali operasi lagi, yakni operasi BCPS dan Fontan. Rencananya dilakukan dua bulan lagi. Tempatnya bisa jadi di Surabaya,” ujarnya. (eggi/nur)

Respon Anda?

komentar