Kesadaran Kibarkan Bendera Merah Putih Merosot

1571
Pesona Indonesia
Sekretaris Komisi III DPRD Batam, Helmy Hemilton. Foto: Ist
Sekretaris Komisi III DPRD Batam, Helmy Hemilton. Foto: Ist

batampos.co.id – DPRD Kota Batam menilai kesadaran masyarakat Batam memasang bendera merah putih menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI terus merosot dari tahun ke tahun.

“Tahun ini saja misalnya, masih banyak rumah dan pertokoan di Batam tidak mengibarkan bendera merah putih pada peringatan HUT Kemerdekaan,” ujar Sekretaris Komisi III DPRD Batam, Helmy Hemilton, kemarin.

Politikus Partai Demokrat itu menilai, saat ini jiwa nasionalisme dan cinta tanah air oleh masyarakat mulai memudar. Kondisi ini kian mencirikan semakin terdegradasinya nilai-nilai karakter bangsa.

Padahal, peringatan kemerdekaan Indonesia inilah momentum bagi seluruh masyarakat dalam menunjukkan rasa cinta tanah air dan merasa bangga dengan kemerdekaan bangsa yang diraih dengan susah payah.

“Memang tidak bisa dipungkiri rasa cinta untuk memperingati tersebut terus berkurang,” sebutnya.

Ia menilai, disinilah perlu perlu peran pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman mengenai cinta tanah air dan bela negara. Merangkul setiap penjuru desa agar semangat tersebut semakin tumbuh.

“Merupakan tanggungjawab besar oleh setiap daerah dan seluruh masyarakat agar membangkitkan rasa nasionalisme. Makanya peran pemerintah sangat penting mengintruksikan jajarannya,” katanya.

Helmy mencontohkan, Singapura sebagai negara kecil, jiwa nasional mereka sangat tinggi. Wajib di setiap perayaan ulang tahun negara, mereka memasang bendera sebagai lambang kecintaan tanah air.

“Masak kita kalah dengan Singapura. Sudah seharusnya setiap warga negara menunjukkan rasa cinta tanah air dan merasa bangga dengan kemerdekaan bangsa yang diraih dengan susah payah,” pungkasnya.

Pantauan koran Batam Pos (grup batampos.co.id) di sepanjang Jodoh dan Nagoya, perayaan HUT kemerdekaan RI tahun ini tergolong sangat rendah. Masih banyak masyarakat yang belum memasang bendera merah putih.

Padahal perayaan kemerdekaan tinggal dua hari lagi. Begitu juga di sejumlah perumahan di Batuaji dan Marina, tak sedikit rumah yang belum memasang bendera di depan rumahnya. (rng)

Respon Anda?

komentar