Bersihkan Sikat Gigi dengan Air Hangat

619
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Ketika Anda menggosok gigiĀ  pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum pergi tidur saat malam hari, tanpa disadari sikat gigi yang Anda gunakan penuh dengan kuman.

Menggunakan sikat gigi mengandung bakteri mikroba dan virus dapat menyebabkan infeksi. Ada banyak cara untuk membersihkan sikat gigi dari banyak kuman.

Dilansir Boldsky, salah satunya pastikan tangan dalam keadaan bersih dicuci dengan sabun dan air hangat sebelum memegang sikat gigi. Selain itu, sebaiknya sebelum dan setelah menggosok gigi, bersihkan sikat gigi dengan air hangat yang mengalir.

Di antara metode terbaik untuk menjaga sikat bebas kuman adalah mencampur satu sendok teh hidrogen peroksida dengan satu cangkir air selama minimal 30 detik sebelum digunakan.

Kemudian sikat dapat dibilas dengan air panas. Obat kumur yang mengandung alkohol dapat digunakan sebagai pengganti hidrogen peroksida.

Cara lain yang baik untuk membersihkan sikat gigi adalah dengan merendam sikat gigi kedalam cuka murni. Cuka akan membunuh sebagian besar kuman dan bakteri.

Air mendidih juga dapat digunakan untuk membersihkan sikat gigi. Letakkan sikat gigi didalam secangkir air mendidih. Untuk hasil yang optimal sikat harus dibiarkan dalam cangkir selama tiga sampai lima menit.

ilustrasi
ilustrasi

Menggunakan cairan pemutih juga disarankan untuk membersihkan sikat gigi. Sikat gigi harus diaduk di dalam campuran pemutih selama 30 detik dan setelah itu dibilas.

Ada berbagai cara yang efektif untuk membersihkan sikat gigi dari kuman, tetapi perlu diingat bahwa setiap tiga atau empat bulan sikat harus diganti. (ris/JPG)

Respon Anda?

komentar