Panitia Mulai Seleksi Enam Calon Sekda Palembang

1080
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang mulai melakukan seleksi kepada enam calon sekda. Pelaksanaan seleksi berlangsung kemarin (15/8) dan hari ini (16/8). Ada enam calon yang diseleksi.

Sekretaris Pansel Calon Sekda Palembang, Drs H Muzakir MM, mengatakan, salah satu tes yang diberikan kepada keenam calon adalah tes wawancara. “Ada 102 aturan mengenai kepegawaian yang harus diketahui calon sekda,” kata Kepala BKD Sumsel itu.

Dari 102 aturan itu, bahkan ada aturan yang sudah sangat lama. Yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 1966 tentang Pemberhetian Sementara Pegawai. Aturan ini ditandatangani oleh Presiden Soekarno. Sedang yang cukup baru, ada UU No 18/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Administrasi Negara. Juga Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemerintah Daerah.

“Semuanya itu harus dipahami oleh calon sekda,” ucap dia seperti diberitakan Sumatera Ekspress (Jawa Pos Group), hari ini (16/8).

Belum lagi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai seorang sekda. Peran manajerial seorang sekda harus mampu mengatur dan merangkul seluruh pegawai. Sekda juga harus bisa bekerja sama sehingga tidak dimusuhi bawahannya. “Seorang sekda pun tidak boleh emosian,” kata Muzakir.

Untuk mendapatkan calon terbaik, pansel sudah punya metode khusus. Nantinya, setelah tes wawancara akan didapat tiga nama. Tiga nama itulah yang akan diserahkan kepada Wali Kota Palembang H Harnojoyo. “Untuk menentukan satu nama terpilih, wali kota harus berkonsultasi dengan gubernur sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat,” beber Muzakir.

Konsultasi dengan gubernur, lanjut dia, menjadi hal wajib. Pasalnya, berdasarkan surat edaran Aparatur Sipil Negara (ASN), jika wali kota tidak melakukan itu, maka satu nama yang dipilih batal.

Pada hari pertama kemarin, ada tiga calon Sekda yang mengikuti tes. Hari ini dilanjutkan tes untuk tiga calon Sekda lainnya. Diperkirakan, pada 17 Agustus mendatang hasil tes sudah diketahui. “Harapan kita semua, posisi Sekda yang kosong dapat terisi dalam waktu dekat,” tukas Muzakir. (jpg)

Respon Anda?

komentar