Satu JCH Bengkalis Dirawat di Madinah Rohul, 3 Lainnya Batal Berangkat

912
Pesona Indonesia
Plt Bupati Rohul didampingi istri dan Forkopimda menyalami JCH Rohul saat melepas keberangkatan JCH Rohul Riau  ke Batam di Bandara (2)
Plt Bupati Rohul didampingi istri dan Forkopimda menyalami JCH Rohul saat melepas keberangkatan JCH Rohul Riau ke Batam, Kepri di Pekanbaru, Riau. Foto: riau pos/jpg 

batampos.co.id – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Riau diminta untuk menjaga kesehatannya selama menunaikan ibadah haji. Apalagi faktor cuaca yang sangat ekstrim.

Dari laporan petugas, satu orang Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 4 asal Kecamatan Bantan, Bengkalis, Komar bin Matnoh Wonokermo, sekitar pukul 02.30 Waktu Arab Saudi (WAS) dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Komar mengeluh sesak napas, sehingga harus mendapat pertolongan dari tim kesehatan.

“Setelah mendapat laporan ada JCH sakit sesak napas, petugas kesehatan langsung memberikan pertolongan dan perawatan. Sampai saat ini, Komar bin Matnoh masih dirawat,” ungkap Kepala Kemenag Bengkalis yang juga Petugas Haji Kloter 4 Kabupaten Bengkalis, Jumari, yang disampaikan kepada Bagian Humas Setda Bengkalis, melalui layanan WhatApps, Minggu (14/8) sekitar pukul 10.45 WIB.

Dikatakan Jumari, petugas kesehatan terus memantau kondisi kesehatan seluruh JCH yang ada. Mengingat perubahan cuaca dari tanah air ke Madinah jauh berbeda, sehingga mengakibatkan sejumlah jamaah mengalami gangguan kesehatan. Saat ini cuaca di Madinah mencapai 49 derajat, sangat panas.

“Kami terus mohon doa dari seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, terutama keluarga Pak Komari, agar beliau cepat sembuh, sehingga bisa menjalankan shalat arba’in di Madinah, serta menjalan ritual haji di tanah suci Mekah,” ungkap Jumari.

Sementara itu, dari 238 JCH Rohul yang dijadwalkan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci pada musim haji tahun 2016, pada hari keberangkatan JCH ke Batam, Minggu, (14/8), tiga orang JCH batal berangkat, alasan karena sakit.

JCH Rohul yang batal berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini yakni atas nama Romida binti Udin Sitam yang merupakan JCH dari Kecamatan Rokan IV Koto.Kemudian JCH atasnama Masnur Bin Mas’udka Imam Majolono yang berasal dari Kecamatan Rambah, kedua JCH tersebut menderita penyakit gagal ginjal.

Sedangkan 1 (satu) JCH lagi berasal dari Kecamatan Tambusai atasnama Siti Maryam, ia mengundurkan diri untuk tidak berangkat pada hari H, karena mendadak sakit rematik harus menggunakan kursi roda.

‘’Sekarang 235 JCH Rohul telah tiba dengan selamat di Bandara Hang Nadim Batam dan telah masuk asrama Haji batam,’’ ungkap Kepala Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA melalui Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Rohul H Elfalisman SAg seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group), hari ini (15/8).

Diakuinya, 235 Rohul yang telah selamat tiba di Batam, dari sisi adminstrasi seperti visa tidak ada permasalahan. JCH dalam kondisi sehat, namun JCH terlihat kelelahan. ‘’Besok Senin (15/8), pukul 09.30 Wib, JCH Rohul yang tergabung Kloter VII Embarkasi Batam, sudah take Off dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Medinah dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines,’’ jelas Elfalisman. (jpg)

Respon Anda?

komentar