Wako Padang jadi Imam Masjid di Arab Saudi

360
Pesona Indonesia
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. Foto: padangekspress/jpg
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. Foto: padangekspress/jpg

batampos.co.id — Kado istimewa diperoleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. Selain diundang menunaikan ibadah haji bersama istri musim haji tahun ini, Mahyeldi juga diberi kesempatan menjadi imam masjid di salah satu masjid di Arab Saudi.

Undangan itu disampaikan salah seorang ulama Arab Saudi, Syekh Chalid Al Hamudi yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Kota Padang, Sumbar. Kedatangan ulama berpengaruh di Arab Saudi dan penasihat badan dakwah internasional ini, juga dilakukan guna melihat kesiapan Padang sebagai salah satu daerah kontestan tuan rumah pertemuan dai dan ulama internasional pada 2017 mendatang.

”Wali Kota Padang sudah menggabungkan keindahan akhlak dan suara. Saya akan mengambil beliau dari Padang untuk jadi imam shalat di salah satu masjid di Arab Saudi,” ujar Syekh Chalid di depan jamaah Subuh Nurul Ikhlas di Jalan Ikhlas V, Andalas, Padang Timur, baru-baru ini.

Kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini, ia membenarkan undangan Syakh Chalid itu. Dia berencana, berangkat ke Mekkah sekitar 10 hari sebelum pelaksanaan proses haji.

”Beliau (Syekh Chalid Al Hamudi, red) memang sudah menelepon saya dan menyampaikan undangannya,” terang Mahyeldi di Padang.

Dalam percakapan telepon itu, Syekh Chalid Al Hamudi meminta langsung kepada wali kota Padang untuk mengirimkan fotocopy paspor yang dimiliki. Permintaan itu langsung disanggupi wali kota Padang dan mengirimkan secepatnya.

”Mohon doa warga Padang dan Sumbar. Mudah-mudahan, keberangkatan kami bisa memantapkan diri kami dalam meningkatkan keimanan dan memantapkan langkah pembangunan Padang ke depan,” harap wali kota.

Wali Kota Padang mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Syekh Chalid Al Hamudi beserta para ustad di LIPIA, ulama, termasuk Kedutaan Besar Arab Saudi yang selama ini telah berperan besar dalam memuluskan niat mulia tersebut.

”Atas nama Pemko Padang dan keluarga, kami mengucapkan terima kasih kepada Syekh Chalid Al Hamudi yang telah memberi peluang saya dan istri untuk melaksanakan ibadah haji,” sebutnya. Soal menjadi imam masjid, diakuinya, juga sudah disebutkan Syekh Chalid Al Hamudi. Dia menyebutkan bakal menjadi imam Shalat Subuh di salah satu masjid di Arab Saudi.

Sejak muda, Mahyeldi aktif mendalami Islam sejak duduk di bangku sekolah. Ketika menjadi mahasiswa, dia aktif menjadi aktivis dakwah dan mubalig. Dia juga pernah menjadi Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Padang.

Di bawah kepemimpinan Mahyeldi, program mendekatkan siswa dengan Al qQuran semakin ditingkatkan. Siswa yang memiliki hafalan Al Quran tertentu, boleh bebas memilih sekolah yang mereka inginkan sesuai jenjang kelanjutannya.

Satu juz bagi siswa SD dan tiga juz bagi siswa SMP. Untuk siswa SMA yang hafal lima juz, dapat memilih kesempatan masuk ke Universitas Andalas atau Universitas Negeri Padang. (jpg)

Respon Anda?

komentar