Wow! Rayakan HUT RI, Desa Ini Habiskan Dana 2 Miliar

540
Pesona Indonesia
192326_652984_Pesta_HUT_Kab_Karo
Panitia tengah mempersiapkan tenda dalam rangka perayaan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI di Desa Juhar. (FOTO: Fandi Permana/JPNN.com)

batampos.co.id – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Desa Juhar di Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, Sumatera Utara menggelar acara rutin yakni Kerja Tahun.

Pesta adat masyarakat Batak Karo ini biasa digelar selama dua hari pada 16-17 Agustus. Selain untuk merayakan HUT RI, Kerja Tahun merupakan puncak perayaan panen beberapa komoditi yang biasa ditanam masyarakat Juhar. Di antaranya kakao, jagung, dan durian.

“Kerja Tahun HUT RI Ke-71 menurut rencana akan digelar lebih meriah. Sebab dana yang berhasil terkumpul mencapai hampir Rp 2 miliar. Dana tersebut berasal dari patungan para himpunan tani, masyarakat Juhar, donator tetap dari Anggota DPRD Karo, dan beberapa sponsor lokal seperti Bir, Rokok, dan SPBU Pertamina,” ujar Salmon Tarigan, Panitia Kerja Tahun 2016 yang juga Tokoh Masyarakat Adat Juhar Tarigan di Karo, Selasa (16/8).

Menurut Salmon, dana tersebut digunakan untuk berbagai persiapan pendukung. Mulai dari umbul-umbul, sound system, para personel gendang nimpa, dan biaya untuk penari anak-anak serta penyanyi lokal Karo.

“Tentu dana sebesar itu digunakan untuk berbagai persiapan teknis. Karena Kerja Tahun bukan hanya sekedar pesta adat tapi sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat Juhar, para perantau yang pulang kampung, dan membantu perekonomian masyarakat sekitar yang berjualan dekat dengan los panggung Kerja Tahun,” sambungnya.

Kerja Tahun sendiri akan dimulai malam ini sampai besok, 17 Agustus. Selain Kerja Tahun, acara juga akan diramaikan pawai karnaval dari SD-SMA, dan berbagai perlombaan seperti turnamen sepakbola hingga lomba-lomba tradisional seperti panjat pinang. (mg5/JPNN)

Respon Anda?

komentar