Alat Peraga Kampanye Cuma Dijatah Rp 200 Juta Setiap Paslon

844
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat (Lambar) menganggarkan Rp 1 miliar lebih untuk pengadaan alat peraga kampanye (APK) dengan asumsi lima pasang kandidat calon kepala daerah (kada) yang akan bertarung pada pilkada Lambar 2017 mendatang, atau masing-masing pasangan dianggarkan Rp 200 juta.

Komisioner KPU Lambar Syarif Ediansyah, S.Hi, M.M., mengatakan, terkait APK KPU akan melaksanakan lelang dan nantinya pemenang lelang akan melakukan pengadaan dan sekaligus pendistribusian (pemasangan) APK di seluruh wilayah Lambar khususnya pada titik-titik yang nantinya ditetapkan.

Masing-masing kandidat akan mendapatkan 272 spanduk, dan 225 umbul-umbul, dengan pembagian spanduk dua buah per pekon dan umbul-umbul 15 buah per kecamatan, ditambah sejumlah baner berukuran besar sekitar lima buat per pasangan calon.

“Nantinya yang bertanggungjawab melakukan pemasangan itu mutlak rekanan, namun sebelum itu kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait zona yang diperbolehkan menjadi lokasi pemasangan, dan juga akan berkoordinasi dengan seluruh tim sukses pasangan calon,” katanya.

Memasuki masa kampanye, lanjut Syarif, seluruh APK tersebut harus sudah terpasang dan seluruh APK milik para kandidat yang telah lebih dulu dipasang harus dilepas, jadi tidak ada lagi APK yang terpasang oleh tim-tim pasangan calon.

”Jadi yang terpasang sebagai media sosialisasi atau kampanye adalah APK milik KPU, semua APK milik kandidat akan dilakukan pencopotan semua di seluruh wilayah Lambar,” kata dia.

Dengan dianggarkannya pengadaan APK untuk seluruh kandidat, maka keseragaman bisa terlihat, dan tidak diperkanankan kandidat untuk melakukan penambahan APK meskipun hanya satu buah.

”KPU belum menentukan jumlah besaran APK dan bahan kampanye yang akan dicetak, hal itu nantinya akan ditentukan bersama tim pemenangan masing-masing calon,” pungkasnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar