Kepri Pederita Hipertensi Tertinggi di Indonesia

1466
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id -Provinsi Kepri menjadi daerah tertinggi untuk penderita hipertensi di Indonesia. Atas dasar itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengingatkan masyarakat Kepri untuk menjaga pola makan yang sehat. Mengkonsumsi ikan asin terlalu berlebihan juga menjadi pemicu hipertensi.

“Kepri merupakan daerah tertinggi pemicu hipertensi. Untuk mengatasi ini, kita harus menjaga pola makan yang sehat,” ujar Tjetjep menjawab pertanyaan wartawan, Rabu (17/8/2016) usai peringatan hari jadi RI ke 71 di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Dijelaskannya 30 persen penduduk Indonesia menderita hipertensi, didalamnya sudah termasuk penduduk Kepri. Masih kata Tjetjep, selain disebabkan oleh konsumsi ikan asin, hipertensi juga bisa terjadi karena mengkonsumsi air payu. Apalagi Kepri yang merupakan daerah yang dikelilingi oleh laut.

“Daerah di pulau-pulau sulit untuk mendapatkan sayur mayur. Tentu harus kita jaga masalah pola makannya. Lebih baik mengkonsumsi ikan hidup daripada ikan asin,” jelas Tjetjep.

Pada kesempata itu, Tjetjep juga mengingatkan bagi para nelayan di laut. Untuk menghindari terjadinya hipertensi banyak mengkonsumsi air mineral. Karena dehidrasi bisa menyebabkan terjadinya hipertensi. Pasalnya, ketika mengalami dehidrasi, darah mengental. Dan sangat rentang terserang hipertensi.

“Pola konsumsi kita harus benar-benar seimbang. Sehingga bisa menghidari berbagai penyakit. Baik itu hipertensi maupun penyakit lainnya,” tutup Tjetjep. (jpg)

Respon Anda?

komentar