Pak Bupati, Warga Butuh Air Bersih, Sumber Air Mengering

535
Pesona Indonesia

keringbatampos.co.id – Masyarakat Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja mengeluhkan terkait kekurangan pasokan air bersih. Sumber mata air di gunung Padang Melang mulai mengering, sehingga kebutuhan air bersih tidak bisa terpenuhi bagi warga sekitar. Warga meminta air yang mengalir melalui pipa dari Desa Bukit Padi menuju Kelurahan Letung dapat dialihkan ke desa Batu Berapit.

“Kini warga mengalami kekurang pasokan air bersih sebab sumber mata air saat ini mulai kering,” ungkap Harman warga Desa Batu Berapit saat menghubungi, Rabu (17/8).

Ia menilai pihak pemerintah desa terkesan tidak perduli sebab hal ini bukan menjadi rahasia umum lagi terkait penomena masyarakat mengankut air pada siang maupun malam hari. Bisa dilihat sendiri hampir setiap malam warga harus mengangkut air dari sumur milik warga di desa lain. Hal ini sudah sering disampaikan kepada pemerintah desa, namun hingga kini belum pernah ditanggapi.

Kata Herman, ia bersama warga lainnya hanya berharap kepada pemerintah desa dapat sedikit perduli tentang kebutuhan dasar hidup orang banyak. Sangat ironi tahun ini Desa Batu Berapit memperoleh nilai desa terbaik se Provinsi Kepri, tapi sangat disayangkan masyarakat sekitar masih mengalami kekurangan pasokan air bersih.

Tambahnya, persoalan yang dialami warga sekitar sudah berlangsung lama, tapi tindakan yang nyata dari pemerintah desa belum dilakukan. Ia tidak mengerti dengan sikap oknum Kepala desa tersebut, seakan tidak ada persoalan yang dialami warganya.

Perlu diketahui bersama, pipa yang terpasang dari Kelurahan Letung menuju ke Desa Bukit Padi jelas melewati jalan milik desa Batu Berapit dan air yang mengalir cukup banyak. Alangkah baiknya pemerintah desa dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Jemaja agar pipa tersebut dapat dialihkan sebagian airnya menuju ke desa Batu Berapit.

“Banyak solusi yang dapat diambil, tapi tindakan yang nyata tentang hal tersebut belum dilakukan dengan baik dan benar. Mudah-mudahan hal ini bisa ditanggapi oleh semua pihak,” pungkasnya. (sya)

Respon Anda?

komentar