PAN Belum Tentu Usung Kader Sendiri

313
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Sejumlah partai politik (parpol) sudah terbuka soal dukungan di pilkada. Seperti Golkar, PDIP, Nasdem yang sudah punya jago untuk bertarung di pilkada. Hal ini berbeda dengan PAN, yang masih merahasiakan kandidat yang diusung.

Sikap PAN, bakal mendukung kader murni atau dari luar pun masih menjadi bahan spekulasi. Sehingga nasib kader murni, seperti BBS, yang menjadi kandidat Bupati Muarojambi jadi mengambang.

Menanggapi hal ini, Supriono, ketua badan pemenangan pemilu DPW PAN Provinsi Jambi menegaskan, saat ini saat ini partainya belum memastikan dukungannya. ”Belum Insya Allah secepatnya kita umumkan. Kita memang melihat berdasarkan survei juga. Namun saat ini masih kita godok mana yang lebih cocok untuk kita dukung,” ujarnya.

Supriono sendiri enggan berspekulasi soal pencalonan BBS. ”Nanti kita lihat mana yang cocok,” kilahnya.

Zumi Zola, Ketua DPW PAN, mengatakan, partainya bersikap terbuka, sehingga tidak menuntut kader untuk maju. Semunya tergantung hasil survei. “Kita tidak akan memaksa kader untuk maju. Apabila memang survei tidak mendukung, ya kita realistis,” ucapnya.

Menurutnya, semuanya sudah berdasarkan arahan ketua umum PAN. ”Inilah indahnya politik. Dinamis apapun bisa terjadi. Bila memang kader survei baik, diperjuangkan, kalau tidak ya dipertimbangkan,” tambahnya.

Terkait pencalonan BBS yang digadang-gadang berpasangan dengan Masnah Busro, Zola tidak mau banyak berkomentar. Menurutnya, masih banyak yang harus dilakukan sebelum menetapkan pasangan kandidat dalam pilkada. Termasuk mempertimbangkan perihal koalisi yang akan dibangun.

”Tidak bisa main gabungkan, dua orang ini harus diarahkan,” ujarnya seperti diberitakan Jambi Independet (Jawa Pos Group), hari ini (16/8).

Di sisi lain, Wasekjend DPP PAN Mahili mengatakan, hasil survei untuk pilkada serentak, yang dilakukan Partai PAN, sudah selesai. Dan sudah disampaikan ke Ketua DPW PAN Jambi Zumi Zola. ”Hasilnya sudah kita sampaikan ke ketua DPW,” kata Mahili.

Menurutnya, yang berhak mengumumkan hasil survei itu adalah DPW PAN Jambi. ”Nanti ketua DPW yang akan mengumumkan,” pungkasnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar