Ini Dia Sejarah Beroperasinya Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center

759
Pesona Indonesia

Pelabuhan-Batam-Centerbatampos.co.id – Mungkin kini setiap pendatang di Batam bisa menikmati pelabuhan ferry terminal International yang berlokasi di Batamcenter. Tempat ini selalu ramai dikunjungi baik bagi para pelancong, maupun para pebisnis karena bisa dibilang inilah pintu utama masuk Batam dari dunia luar. Tapi, gimana sih sejarah pembangunan pelabuhan Ferry terminal yang dikelola oleh PT Synergy Tharada ini?

Jika kita melihat kebelakang, sekitar 16 tahun yang lalu, PT. Synergy Tharada masih menjadi pengelola pelabuhan international Batuampar.

Pada mulanya PT. Synergy Tharada ingin mengembangkan pelabuhan Batuampar untuk menjadi suatu pelabuhan yang dapat dibanggakan khususnya di pulau Batam.

Namun, atas permintaan dari ketua Otorita Batam pada saat itu (Ismeth Abdullah), PT Synergy Tharada diminta menyelesaikan proyek pembangunan Terminal Ferry Internasional Batam Center, agar dapat dioperasikan sebagai pelabuhan internasional, yang mana kondisi pelabuhan Batam Center saat itu dalam keadaan mangkrak atau berhenti pembangunannya.

Atas permintaan tersebut, akhirnya PT Synergy Tharada memenuhi permintaan dari BP Batam ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama Operasi pada tahun 2002.

Dalam perjalanan PT. Synergy Tharada selaku Pengelola Pelabuhan Batam Center, telah melakukan banyak pengembangan untuk meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan keamanan di Pelabuhan Batam Center, diantaranya dengan melakukan:

1. Penambahan pontoon tempat sandar kapal
2. Menyediakan kapal patroli yang berkemampuan SAR
3. Melakukan perluasan ruang tunggu kedatangan dan keberangkatan
4. Membuat ruang tunggu baru, untuk mengantisipasi kepadatan penumpang
5. Pemasangan titik cctv di seluruh area pelabuhan;
6. Menjadi pelabuhan pertama yang dapat memberikan manifest secara online dan real time kepelabuhan tujuan dan lain-lain.

Dengan melihat perkembangan serta kesungguhan PT Synergy Tharada dalam mengelola Pelabuhan Batam Center ini, maka PT Synergy Tharada diberikan kepercayaan oleh pemerintah, dibuktikan dengan ditempatkannya berbagai macam fasilitas seperti Auto Gate Immigration Clearance, SARS Detector, Alat pendeteksi narkoba dari BNN, dan banyak lagi.

Di ulang tahun yang ke 13 ini, PT Synergy Tharada selaku pengelola Pelabuhan Batam Center, senatiasa melakukan pembenahan-pembenahan guna terciptanya kenyamanan dan keamanan untuk menjadikan pelabuhan ini semakin baik dikedepannya.

“Di hari ini, selain dari acara seremonial, PT. Synergy Tharada juga mengadakan aksi sosial berupa kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI, dan untuk menghibur para pengguna jasa di Pelabuhan kami, selama 3 hari ini mengadakan live music (Accoustic), pagelaran seni, dan acara pembagian hadiah (doorprize) kepada penumpang yang menggunakan Pelabuhan Batam Center,” ujar Komisaris PT Synergy Tharada & Ketua Umum Yayasan Nawacita Indonesia, Prof. DR. RM. SuryoAtmanto, MBA, MRE.(fenny)

Respon Anda?

komentar