Tanker Vier Harmoni Malaysia Ternyata Tak Dibajak, Murni Masalah Hubungan Kerja

715
Pesona Indonesia
Tanker Vier Harmonie yang diduga dibajak ABK-nya sendiri. Foto: istimewa
Tanker Vier Harmonie dibawa ABK-nya ke Batam karena perselisihan hubungan kerja anatar pemilik kapal dengan para kru. Sebelumnya para kru diduga membajak kapal ini namun ternyata tidak. Foto: istimewa

batampos.co.id -Kapal MT Vier Harmoni milik Malaysia yang sebelumnya dikabarkan dibajak dan diduga pelakunya anak buah kapal (ABK)-nya sendiri ternyata tidak benar.

Baca Juga: Tanker Malaysia Bermuatan Solar Senilai Rp5,2 Miliar Dibajak

Kepala Badan Penegakan Hukum Maritim Malaysia (MMEA) Ahmad Puzi Abdul Kahar mengklarifikasi pernyataannya soal pembajakan kapal MT Vier HarmoniĀ  tersebut. Dia membenarkan penjelasan Angkatan Laut RI bahwa tanker tersebut tidak dibajak, melainkan dibawa krunya ke Batam karena terjadi perselisihan hubungan kerja antara pemilik dan para kru kapal tersebut.

“Penyelidikan sejauh ini menyimpulkan bahwa kru memutuskan membawa kapal ke Batam setelah terjadi perselisihan dengan pemilik kapal,” ujar Puzi seperti diberitakan New Straits Times Online, Rabu (17/8/2016).

MMEA, lanjut dia, belum mendapat informasi utuh mengenai perselisihan tersebut. Namun Puzi memastikan bahwa pihaknya akan terus melakukan penyelidikan terkait masalah ini. Dia juga menyebutkan bahwa sebagian besar kru adalah warga negara Indonesia.

Dia pun memastikan bahwa saat ini Vier Harmoni dalam kondisi aman di wilayah Batam. “Kami bersama pihak Indonesia bekerja sama mencari kapal itu. Kami kemudian mendapat informasi bahwa kapal berada di Batam,” jelasnya.

Sebelumnya, pihak Malaysia menyebutkan bahwa Vier Harmoni telah dibajak dan dibawa ke wilayah perairan Batam. Kapal tersebut membawa kargo 900 ribu liter solar bernilai sekitar Rp 5,2 miliar. (dil/jpnn)

Respon Anda?

komentar