Cold Storage Sentra Perikanan Selat Lampa Mulai Dibangun

1213
Pesona Indonesia
Lokasi pembangunan Pelabuhan Selat Lampa sebagai pintu ekspor ikan internasional. foto:dok
Lokasi pembangunan Pelabuhan Selat Lampa sebagai pintu ekspor ikan internasional. foto:dok

batampos.co.id – Kementerian Kelauatan dan Perikanan memastikan gudang pembekuan ikan atau cold storage di pelabuhan perikanan Selat Lampa Natuna, sekaligus sentra perikanan wilayah Barat selesai tahun 2016.

Peletakan batu pertama pembangunan gudang beku secara simbolis dilaksanakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti, didampingi Sekjen KKP Sjarif Widjaya dan disaksikan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dan Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suparpti, Kamis (18/8).

Dimulainya pembangunan gudang pembekuan ikan tersebut merupakan tahap pertama, dengan kapasitas 200 ton dan selesai ditahun 2016, bersamaan dengan fasilitas lainnya. Sementara tahap kedua dibangun ditahun 2017. “Tahun ini selesai. Kapasitas 200 ton,” kata Susi.

Susi mengatakan, dimulainya pembangunan fasilitas sentra kelauatan dan perikanan di Natuna, pemerintah membuka investasi asing untuk mengelola industri perikanan. Hal itu disampaikan pula kepada Deputi Menteri Pertanian Vietnam Vu Van Tam yang hadir dalam peletakan pondasi cold storage.

Dikatakan Susi, tiga negara saling hormati, dan berkomitmen, pada 18 Mei 2016 lalu, Presiden, melalui peraturan Presiden Nomor 44 untuk membuka 100 persen investasi asing meliputi pengolahan, prosesing, pemasaran kepada asing. Namun 100 persen penangkapan ikan dikelola nelayan Indonesia.

Kedatangan perwakilan pemerintah Vietnam yang diundang kementerian kelauatan dan perikanan, untuk membuka kerjasama dalam industri kelauatan dan perikanan di Natuna. Sebelumnya dijadwalkan bersama perwakilan dari Malaysia dan Filipina. Namun berhalangan datang ke Natuna.

“Pemerintah buka 100 persen investasi asing untuk ikut mengelola bisnis perikanan. Tetapi untuk mengelola wilayah tangkap, 100 persen nelayan Indonesia,” jelas Susi. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar