Mantan Wakil Bupati Natuna Disidang Hari Ini di Pengadilan Tipikor

529
Pesona Indonesia
Imalko Ismail
Imalko Ismail

batampos.co.id – Mantan Wakil Bupati Natuna, Imalko, akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang, atas kasus dugaan korupsi dana Bansos Natuna Rp 3,2 miliar tahun 2011-2013, Jumat (19/8) hari ini.

Humas PN Tanjungpinang, Santonius Tambunan, mengatakan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri telah melimpahkan berkas tersangka Imalko, ke Pengadilan Tipikor Tanjungpinang dengan nomor register : 16/Pid.Sus/TPK/2016/PN.Tpg.

“Sidangnya Jumat (19/8). Ketua PN juga sudah menunjuk majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut yakni Zulfadly, Jhoni Gultom dan Irianti Khoirul Ummah,” ujar Antonius.

Seperti diketahui, Imalko yang merupakan mantan wakil Bupati Natuna periode 2011-2016, ditetapkan sebagai tersangka oleh Subdit Tipikor Polda Kepri. Ia disangkakan terlibat dalam dugaan korupsi bansos Natuna yang diterima LSM BP Migas Natuna, tahun 2011-2013 yang merugikan negara Rp 3,2 miliar.

Sebelum Imalko, penyidik Tipikor Polda Kepri juga menetapkan M Nazir, Ketua LSM BP Migas dan juga bendaharanya Irianto, yang merupakan anggota DPRD Kepri. Berdasarkan hasil keterangan kedua tersangka, sebagai orang nomor dua di Pemerintahan Kabupaten Natuna Imalko memanfaatkan jabatannya untuk mengatur pemberian bansos kepada LSM BP Migas.

Dalam tiga tahun, Pemkab Natuna mengucurkan sebesar Rp 4,35 miliar. Kegiatan yang direncanakan untuk mendongkrak pendapatan bagi hasil migas untuk Natuna dari Pemerintah Pusat tidak dapat dipertanggungjawabkan seutuhnya. LSM tersebut hanya melaporkan Rp 1,1 miliar.

Atas perbuatannya, tersangka Imalko disangka melanggar Pasal 2 Jo Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagai mana diubah dengan UU nomor 20 Tahun 200? tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar