Natuna akan Punya Lembaga Permasyarakatan

894
Pesona Indonesia
 Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepri Ohan Suryana. foto:net
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepri Ohan Suryana. foto:net

batampos.co.id – Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kepri, berencana akan membangun Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Kabupten Natuna. Pembangunannya pun direncanakan akan dilakukan secara bertahap.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepri Ohan Suryana, kepada sejumlah wartawan, kemarin. ”Kami telah ajukan perencanaannya, mudah-mudahan tahun ini dibicarakan di tingkat provinsi,” ujar Ohan.

Dikatakan Ohan, pihaknya ingin memastikan terlebih dulu anggarannya pada tahun ini atau tahun 2017. Sedangkan pembangunannya lapas sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2018. ”Tahun 2018 pengerjaan dimulai secara bertahap,” kata Ohan.

Dijelaskan Ohan, saat ini Pemerintah Kabupaten Natuna sudah menyediakan lahan dengan luas 8 hektar untuk pembangunan Lapas tersebut dengan daya tampung warga binaan sebanyak 1.000 orang.

”Bangunan lapasnya yang akan menentukan daya tampung, bukan dari luas tanahnya. Jika dilihat bisa menampung 1000 orang warga binaan,” jelas Ohan.

Disebutkan Ohan, pembangunan Lapas di Natuna sangat diperlukan karena banyak warga binaan yang dipindahkan ke Tanjungpinang. Hal itu sangat membebani pemerintah daerah dari segi pembiayaannya.

”Di sana itu (Natuna) memang sangat perlu lapas. Karena jika warga binaan dipindahkan ke Tanjungpinang, ketika ada keluarganya yang ingin membesuk selalu meminta bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) Natuna,” sebut Ohan.

Menurut Ohan, syarat pembangunan lapas di Kabupaten Natuna, sudah lengkap. Karena, di sana sudah terdapat Kantor Kepolisian dan juga Pengadilan dan Kejari.

”Jumlah warga binaan di Natuna dan Anambas juga banyak. Dengan adanya Lapas disana dapat membantu pihak terkait,” ucapnya.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar