JCH Karimun Tiba di Mekkah, Dapat Fasilitas Bus Gratis 24 Jam

1083
Pesona Indonesia

Tenda-jemaah-haji-asal-Indonesia.-Foto-istbatampos.co.id – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Karimun yang berjumlah 172 orang, sudah berada di Mekkah. Sebelumnya, rombongan JCH berada di Madinah untuk menunaikan ibadah arbain yang merupakan rangkaian dari salah satu ibadah haji.

”Alhamdulillah, seluruh JCH kita yang saat ini sudah berada di Makkah setelah selama satu pekan berada di Madinah. Kondisi para JCH juga dalam keadaan sehat. Jika ada yang mengalami batuk, itu hal yang biasa, karena perubahan kondisi cuaca di dalam negeri dan di Makkah. Dan, berdasarkan laporan dari tim pemandu haji daerah (TPHD) Kabupaten Karimun tempat tinggal atau biasa disebut maktab tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram, sekitar 2 km,” ujar Kepala Kemenag Kabupaten Karimun, Afrizal kepada koran Batam Pos (group batampos.co.id), Jumat (19/8).

Meski tempat tinggal berada sekitar 2 km, kata Afrizal, JCH Karimun tidak berjalan kaki menuju ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah sunaah dan ibadah wajib. Karena, di tempat tinggal tersebut pemerintah Arab Saudi menyediakan bus 24 jam untuk mengantarkan para jamaah tanpa dipungut bayaran. Dia berharap, para JCH dapat menjalankan semua rukun haji yang wajib dan sunnah.

Sementara itu salah seorang JCH Kabupaten Karimun, R Bakhtiar secara terpisah menyebutkan, kalau tempat tinggal di Madinah dan Makkah Alhamdulillah bagus. ”Bahkan, ketika saya bersama rombongan di Madinah jarak dari tempat tinggal ke Masjid Nabawi hanya membutuhkan waktu lima menit berjalan kaki untuk sampai. Hanya saja, yang sangat dirasakan adalah suhu atau cuaca udara pada siang hari yang mencapai 42 derajat dan cukup panas,” ungkapnya.

Memang, lanjut Raja, para JCH sudah diingatkan oleh panitia haji agar banyak mengkonsumsi air putih. Sebab, kondisi cuaca yang panas tidak sama dengan panasnya di daerah seperti Indonesia, khususnya Karimun. Dia minta kepada masyarakat Kepri untuk mendokan agar seluruh JCH Karimun senantiasa dalam keadaan sehat dan dapat melaksanakan seluruh kegiatan ibadah Haji sampai dengan kembali ke tanah air. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar