Di Australia Sebungkus Rokok Seharga Rp 200 Ribu, Termahal di Dunia

1707
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Mumpung sedang berbincang rencana kenaikan harga rokok menjadi Rp 50 ribu per bungkus, berikut batampos.co.id sajikan harga rokok termahal di dunia.

Berikut 10 negara dengan harga rokok mahal:

1. Australia
Australia dinilai adalah negara dengan harga rokok paling mahal di dunia. Harga rokok di sana kisaran USD 16,11 atau lebih dari Rp 200.000. Bila dihitung, harga satuan untuk menghisap rokok per batangnya adalah Rp 10 ribu. Kebijakan menaikkan harga rokok dilakukan pemerintah Australia untuk mengurangi jumlah perokok.

2. Selandia Baru
Harga rokok di Selandia Baru naik drastis pada 2012. Harga rata-rata per bungkus rokok yakni USD 14,67 atau sekitar Rp 190 ribu. Kebijakan ini efektif menurunkan jumlah perokok di sana.

3. Norwegia
Harga rokok di Norwegia berkisar di angka Rp 188 ribu. Selain harga rokok mahal, pemerintah di sana juga menerapkan sistem denda bagi perokok yang terbukti menghabiskan satu bungkus rokok dalam sehari lebih. Dendanya yang diberlakukan pun sangat tinggi.

4. Inggris
Rata-rata harga rokok per bungkus di Inggris sebesar USD 12,25 atau sekitar Rp 159 ribu.

5. Islandia
Harga rokok per bungkus di Islandia juga cukup mahal, yakni USD 9,51 atau sekitar Rp 123.000. Namun rokok tersebut hanya dapat dibeli di toko khusus. Pembeli harus menunjukkan kartu identitas, sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah di usia hukum.

6. Kanada
Perokok di Kanada sengaja didorong berhenti merokok. Pemerintah menetapkan harga rokok sebesar USD 9,26 atau sebesar Rp 120 ribu. Harga tersebut dua kali lipat dari harga rokok di Amerika Serikat.

7. Prancis
Harga rokok di Prancis tiap tahunnya semakin meningkat. Meski kebijakan itu kerap diprotes, namun pemerintah telah menetapkan harga rokok sebesar USD 8,83.

8. Swiss
Pemerintah Swiss terbilang sukses mengurangi perokok di negara mereka. Dengan harga rokok USD 8,77, minat masyarakat di sana berkurang untuk membeli rokok.

9. Papua New Guinea
Di negara tetangga ini harga rokok sudah melambung tinggi. Per bungkusnya, rokok dibanderol dengan harga USD 8,23.

10. Swedia
Negara kesepuluh dengan harga rokok mahal yakni Swedia. Negara yang identik dengan warna kuning biru ini menetapkan harga rokok USD 8,15. (ded/JPG)

Respon Anda?

komentar