Luar Biasa, Pesona Danau Toba dan Prambanan Jazz Jadi Trending Topic

1236
Pesona Indonesia
Presiden Jokowi berbincang tentang Pariwisata dengan Kemenpar Arief Yahya bersama menteri lainnya sambil menyusuri Danau Toba. Foto: dok. kemenpar/twitter
Presiden Jokowi berbincang tentang Pariwisata dengan Kemenpar Arief Yahya bersama menteri lainnya sambil menyusuri Danau Toba. Foto: dok. kemenpar/twitter

batampos.co.id – Luar biasa. Kalimat ini patut diucapkan untuk menggambarkan dua event besar pariwisata nasional yang benar-benar menyita perhatian dunia.

Ya, ada nama Danau Toba yang nge-hits di dunia maya. Netizen dari seluruh penjuru Indonesia tak henti-hentinya bercuit di Twitter. Semua tanpa diminta, tanpa direka-reka, kompak mempromosikan Indonesia lewat hashtag #pesonadanautoba.

Hingga Sabtu siang (20/8/2016), #pesonadanautoba menempati posisi pertama dalam daftar trending topic Twitter nasional.

“Kekuatan media sosial memang dahsyat. Seluruh Indonesia kompak bercuit soal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Kekuatan kreativitasnya luar biasa,” jelas Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar, Sabtu (20/8/2016).

Wanita berkerudung itu memang pantas untuk takjub. Maklum, trending topic #pesonadanautoba muncul sebelum beragam acara menarik digelar.

Sebelum Slank tampil, sebelum panggung terapung nan megah dipertontonkan, sebelum permainan lighting dan sound system yang menggelegar diperlihatkan, #pesonadanautoba sudah lebih dulu berkibar.

“Akhirnya menginjakan kaki di tempat yg lagi Hitss ini #pesonadanautoba #tuktuk #pesonaindonesia‚Ķ” cuit pemilik akun @alb4b.

“Buat yang di Sumatera Utara, sampai jumpa SORE NANTI! Kita #ngeSlankRameRame di ¬†#PesonaDanauToba!” sahut pemilik akun @slankdotcom, akun resmi Slank.

“Ayo rame-rame ke Danau Toba ada Karnaval #RI71 #PesonaDanauToba 20-21 Agustus,” sambung akun @fadjroeL

Agenda akbar ini memang memancing perhatian berbagai kalangan. Dari jurnalis, turis hingga peneliti, semuanya kompak mengarahkan sorotan ke Danau Toba. Beragam persiapan dan kemolekan panorama Danau Toba  diabadikan ke dalam video dan foto-foto. Dan hasilnya, langsung membanjiri laman sosial Twitter, Facebook, YouTube serta instagram.

Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asnawi Bahar ikutan happy. Promosi pariwisata Danau Toba, ternyata dibantu jutaan netizen dari seluruh penjuru negeri. “Masif sekali. Impactnya pasti besar,” terang Asnawi.

Sekedar info, kumandang #pesonadanautoba tadi adalah real. Cuitan-cuitan yang muncul tidak digerakkan mesin.

Snak saat tampil di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Sabtu malam (20/8/2016). Aksi Slank di atas Panggung terapung di danau Toba disaksikan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri. Foto: @kemenpar_ri/twitter
Snak saat tampil di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Sabtu malam (20/8/2016). Aksi Slank di atas Panggung terapung di danau Toba disaksikan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri. Foto: @kemenpar_ri/twitter

Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kemenpar, Dadang Rizky juga terperanjat melihat respons di lapangan yang sangat kuat.

“Ini promosi gratis dan sangat efektif. Sekarang dunia jadi makin tahu tentang keindahan Danau Toba dan wilayah di sekitarnya. Terimakasih netizen,” ungkapnya.

Menpar Arief Yahya mengucapkan selamat kepada para panpel yang eventnya menjadi bahan perbincangan netizen di media sosial. Dia menambahkan, selain #PesonaDanauToba yang menjadi trending juga #PrambananJazz, yang sama-sama disupport oleh Kemenpar melalui branding Pesona Indonesia.

“Selamat! Menjadi trending topic,” ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI yang membuka Konser Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun itu. (inf)

Respon Anda?

komentar