Sepakbola Brasil Raih Emas di Olimpiade, Neymar Menangis

1558
Neymar mengigit medali emas usai menjadi penentu emas cabang sepakbola di Olimpiade Rio 2016, Minggu (21/8/2016). Sumber Foto: thesun.co.uk
Neymar mengigit medali emas usai menjadi penentu emas cabang sepakbola di Olimpiade Rio 2016, Minggu (21/8/2016). Sumber Foto: thesun.co.uk

batampos.co.id – Tim sepakbola Brasil yang dimotori oleh Neymar akhirnya berhasil meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016. Neymar Cs menang lewat drama adu penelti di final saa bertemu dengan Jerman, Minggu (21/8/2016).

Laga waktu normal memang berakhir dengan skor 1-1, begitupun di perpanjangan waktu, sehingga pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti yang dimenangkan Brasil dengan skor 5-4.

Neymar pun tak kuasa menahan tangis karena menjadi penentu emas timnasnya saat mengeksekusi penalti kelima Brasil. Sebelumnya, satu-satunya penendang penalti Jerman yang gagal adalah Nil Petersen. Tembakan sang pemain berhasil ditepis dengan sempurna oleh kiper Weverton.

Weverton sebelumnya juga berhasil membaca tiga eksekusi penalti Jerman, sayang semuanya berhasil masuk ke gawangnya.

Rekor demi rekor pun diciptakan timnas Brasil terkait kesuksesan cabang sepak bola di Olimpiade. Mereka menjadi tim tuan rumah pertama yang meraih emas pada cabang sepak bola pria sejak 1992. Saat itu Spanyol yang berhasil jadi juara di Barcelona.

Untuk kedua kalinya pula sepanjang sejarah penentu emas cabang ini harus ditentukan melalui adu tendangan penalti. Laga 90 menit waktu normal berjalan cukup menarik. Kedua tim bermain agresif dan saling jual beli serangan.

Neymar membuka asa Brasil lebih dulu lewat gol tendangan bebasnya pada menit ke-27. Meski begitu, bukan Jerman namanya jika tak memiliki semangat juang luar biasa. Pada menit ke-59, Max Meyer berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan umpan manis Jeremy Toljan.

Kedua tim beberapa kali mendapat peluang emas yang terbuang sia-sia hingga akhirnya laga harus sampai adu penalti. Kemenangan ini jelas sangat berarti bagi Brasil yang takluk 1-7 oleh Jerman di Piala Dunia 2014. Saat itu Neymar cedera.

Dia pun membayarnya pada laga ini menghadapi lawan yang sama, walau di turnamen yang berbeda dengan kumpulan pemain muda. Brasil gegap gempita, Tim Samba meraih emas pertama sepak bola di olimpiade. (rap/jpg/jpnn)

Respon Anda?

komentar