Polsek Dabo Tangkap Enam Pembobol Kios, Dua Masih Remaja

668
Pesona Indonesia
AKP Mangiring menunjukkan enam pelaku pembobolan kios serta barang bukti. foto: wijaya satria/batampos
AKP Mangiring menunjukkan enam pelaku pembobolan kios serta barang bukti. foto: wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Polsek Dabo Singkep berhasil menangkap enam tersangka pembobolan kios di Dabo Lama, Kamis (18/8) sekitar pukul 17.00 WIB. Enam pelaku pembobolan, Az, Aj, Rh, In, Nd dan Bm dibekuk setelah empat hari dilaporkan Jamaludin, pemilik kios.

“Kami telah mengamankan enam pelaku pembobolan kios yang meresahkan warga akhir-akhir ini,” kata Kapolsek Dabo Singkep AKP Mangiring Hutagaol ketika ditemui di ruang kerjanya, Minggu (21/8) pagi.

Mangiring menerangkan, setelah mendapat laporan dari Jamaludin, Satuan Reserse Polsek Dabo Singkep langsung menuju lokasi kejadian dan melakukan olah TKP serta mengumpulkan data. Akhirnya Satreskrim mengamankan Az yang berperan sebagai pencongkel pintu kios.

Dari pengembangan yang dilakukan, Az mengaku melakukan pembobolan bersama teman-temannya dan terungkap lima nama lainnya yang turut serta membantu tindakan pencurian dengan pemberatan yang dilakukan Az. Selanjutnya Satreskrim Polsek Dabo menciduk kelima tersangka lainnya dari rumah mereka masing-masing.

Hasil dari interogasi, Mangiring memastikan pembobolan yang mereka lakukan adalah hasil dari perencanaan yang mereka lakukan sebelumnya. Selain itu, mereka juga mengaku telah melakukan sejumlah aksi di beberapa lokasi di Dabo Singkep.

Mereka sering beraksi dengan mencuri barang seperti, besi bekas, aki, rokok dan sejumlah barang lainnya yang dapat dijual untuk selanjutnya mendapat uang.

“Selain mereka ini, kami masih mendalami apakah ada kelompok lainnya yang juga melakukan aksi pencurian,” kata Kapolsek berkumis tipis ini.

Disayangkan, dua dari enam tersangka yang diamankan Polsek Dabo Singkep ini masih tergolong di bawah umur yakni Rh, 16 dan Bm, 17. Untuk itu kedua tersangka ini akan menjalani diversi terlebih dahulu. Sedangkan empat tersangka lainnya akan dikenakan pasal 363 ayat 2 pencurian dengan pemberatan dengan ancaman sembilan tahun kurungan.

Walau tindakan pencurian di Dabo Singkep masih tergolong minim, namun Mangiring mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan dilingkungan masing-masing. Dan, bagi setiap orang tua lebih memperhatikan anak mereka. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar