Sabtu, 20 April 2024

Simak, Pesan Penting Mendikbud Muhadjir bagi Para Guru

Berita Terkait

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (foto: ist)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (foto: ist)

batampos.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengatakan sportifitas dan kreativitas sangat penting ditumbuhkan dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah dengan mengekspresikan diri melalui kegiatan olahraga dan seni.

Oleh karena itu, lanjutnya, pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang dilaksanakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menjadi wadah penting dalam pengembangan sportifitas, kreativitas, dan kerja sama tim yang baik serta terkoordinasi.

”Jadikanlah Porseni PGRI ini sebagai wadah untuk menjalin kebersamaan dengan berkompetisi secara sehat dan berkualitas, serta penuh persaudaraan dan bermakna,” tutur Mendikbud dalam pembukaan Porseni PGRI tahun 2016, di Siak, Riau, Senin (22/8).

Muhadjir menambahkan, guru masa depan bukan lagi bertindak sebagai transfer of knowledge semata, tetapi lebih dari itu. Guru harus benar-benar mampu menciptakan siswa sebagai pembelajar yang tangguh, berintegritas tinggi, santun dan mampu beradaptasi dengan perubahan.

Tantangan guru masa depan, tutur Mendikbud, harus dapat memenuhi kompetensi abad 21 yaitu mampu berpikir kritis, mampu berkomunikasi dengan baik dengan para pemangku kepentingan pendidikan melalui berbagai perangkat media dan mengikuti perkembangan teknologi informasi, berkreasi dalam mempersiapkan materi belajar yang menyenangkan, serta berkolaborasi dalam proses pembelajaran (collaboration).

Mendikbud menambahkan, guru harus bisa menjadi seorang pembelajar, mau terus belajar dan mengembangkan diri. Guru yang memiliki kemauan kuat untuk terus belajar dan berkarya, akan menghasilkan generasi pembelajar sepanjang hayat yang dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat di sekelilingnya

“Marilah kita jadikan ajang olahraga dan seni ini sebagai penyemangat untuk meningkatkan sportifitas dan kreatifitas generasi penerus bangsa sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, dan mampu meningkatkan daya saing dalam era globalisasi,” pesan Mendikbud.

Porseni PGRI yang dilaksanakan 21 – 25 Agustus 2016 ini diikuti oleh 993 peserta. (esy/jpnn)

Update