Dishub Tunggu Kajian Bisnis Untuk Operasikan Mv Lintas Kepri

468
Pesona Indonesia
MV Lintas Kepri saat peresmian tahun lalu. foto:jailani/batampos
MV Lintas Kepri saat peresmian tahun lalu. foto:jailani/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Muramis mengatakan untuk operasional Mv Lintas Kepri pihaknya masih melakukan kajian bisnis. Apabila kajian tersebut sudah selesai dilakukan, akan segera di laporkan kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Karena persetujuan terakhir ditangan Gubernur.

“Kami masih melakukan kajian bisnis untuk operasional Mv Lintas Kepri. Pada prinsipnya kita menyambut baik, dengan adanya permintaan dari Kabupaten Lingga,” ujar Muramis menjawab pertanyaan koran Batam Pos (group batampos.co.id), Senin (22/8) di Tanjungpinang.

Masih kata Muramis, pihaknya masih merumuskan rute pelayaran Mv Lintas Kepri. Ia berharap kapal cepat tersebut tetap melayani pelayaran ke Kundur dan sekitarnya, seperti yang dicita-cita oleh Almarhum Muhammad Sani (Mantan Gubernur Kepri,red). Hanya saja waktu pelayaran yang dibagi. Yakni empat hari melayani ke Lingga. Sementara dua hari ke daerah Kundur dan sekitarnya.

“Ini yang akan kami sampaikan kepada Bapak Gubernur nantinya,” jelas Muramis.

Dikatakannya juga, slot yang akan diisi oleh Mv. Lintas Kepri itu nanti merupakan rute bisnis. Sehingga tidak perlu disuntik dengan subsidi dari pemerintah. Menurut Muramis, ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan itu. Karena perhitungan yang dilakukan aebelum ini, membutuhkan subsidi sekitar Rp6 miliar setiap tahunnya.

“Kami juga melihat, rute Tanjungpinang-Lingga merupakan trayek pelayaran yang cukup menguntungkan,” jelasnya lagi.

Mantan Kadishub Kota Batam tersebut menambahkan, sistem pengelolaan tetap dibawah kendali PT. Pelabuhan Kepri dengan menggandeng pihak operator. Disebutkannta juga, saat ini Mv. Lintas Kepri sudah masuk perawatan tahap II. Untuk kesejahteraan masyarakat, pihaknya sangat berharap rencana ini cepat terlaksana.

“Tujuan pembangunan adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan Mv. Lintas Kepri bisa segera memberikan manfaat kepada masyarakat,” tutupnya.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar