Hari Ini, 344 JCH Batam Berangkat ke Tanah Suci

389
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Jamaah calon haji (JCH) asal kota Batam berangkat ke tanah suci, hari ini, Selasa (23/8). Jumlah mereka 344 orang.

“Total jamaah dari Batam 365 orang. Dua puluh di antaranya sudah diberangkatkan di kloter pertama kemarin. Satu orang batal berangkat,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Amanuddin, usai melepas JCH Batam ke Embarkasi di Masjid Raya Batam, Senin (22/8).

Jamaah yang batal berangkat itu bernama Amancik. Keberangkatannya dibatalkan lantaran ia tak memenuhi syarat istithaah Kementerian Kesehatan. Pria yang tinggal di Seibeduk itu masih rutin menjalani cuci darah.

“Yang bersangkutan itu ada disfungsi ginjal. Organ selain itu oke semua. Itu jadi hambatan dia sekarang,” ujar Amanuddin.

Ke-344 jamaah haji itu dilepas di Masjid Raya Batam. Amanuddin mengatakan, kegiatan itu sudah berlangsung setiap tahun. Kegiatan ini berfungsi untuk membekali motivasi untuk para JCH yang akan memasuki Embarkasi.

Dalam pelepasan yang dihadiri, antara lain, perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Batam dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Batam itu, para JCH mendapatkan pengarahan dan motivasi memasuki embarkasi. Setiap JCH dihimbau untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan.

“Pelepasan ini juga untuk memanfaatkan anggaran transportasi ke Embarkasi. Karena kalau tidak dimanfaatkan anggaran bus itu, panitia sulit untuk mempertanggung-jawabkannya,” katanya. (ceu)

Respon Anda?

komentar