Kondisi Terkini 177 JCH Indonesia yang Ditangkap di Filipina

443
Pesona Indonesia
jamaah haji.3
Kondisi 177 JCH asal Indonesia yang ditangkap imigrasi Filipina. Mereka terkatung-katung di negeri orang tanpa ada kepastian kapan akan dideportasi. Foto: BBC/pojoksatu

batampos.co.id – Sudah gagal berangkat haji, kondisi 177 jamaah calon haji (JCH) asal Indonesia yang ditangkap di Filipina masih terkatung-katung tanpa kejelasan. Ironisnya, mereka ditempatkan di rumah ibadah agama lain.

Kondisi pas-pasan yang membuat mereka rela ditampung di tempat tersebut, meskipun hanya tidur beralaskan lantai ubin yang dingin.

Para JCH ini ditahan pihak imigrasi Filipina pada Jumat pekan lalu, karena dianggap menggunakan paspor ilegal dari negara tersebut.

Mereka tak bisa berangkat menunaikan ibadah haji, lantaran dimanfaatkan sindikat penipuan asal Filipina yang menjanjikan mereka bisa ke tanah suci, menggunakan paspor palsu.

Mereka masuk ke Filipina menggunakan paspor wisata yang diurus oleh angota sindikat. Saat ditangkap pada Jumat lalu, mereka dikawal seorang warga Filipina yang bertindak sebagai pembimbing jemaah.

Saat ini, mereka menunggu akan dipulangkan ke tanah air. Kembali bersama keluarga.

Sebenarnya, kasus jamaah haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci dengan memanfaatkan kuota negara Filipina bukan hal baru. Selama dua tahun terakhir, mereka sering ditemui di Bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah

“Kemarin (dua hari lalu, Red) saya bertemu dengan tiga jamaah haji Indonesia yang tergabung dalam jamaah haji Filipina di bandara Madinah,” ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Airport Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi Nurul Badruttamam. (ps)

Jemaah Haji Indonesia
Ratusan Jemaah Calon Haji Indonesia yang ditangkap di Filipina karena menggunakan paspor palsu negara tersebut. Foto: BBC

Respon Anda?

komentar