Persediaan Air Bersih Kian Tipis, Diprediksi 5 Tahun Lagi Batam Alami Krisis Air

Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Lima tahun kedepan Kota Batam diperkirakan mengalami krisis air. Sebab kini, daya dukung air bersih di Batam hanya untuk 1,7 juta jiwa.

Kepala Badan Dampak Pengendalian Lingkungan Daerah (Bapadalda) kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan kuota air bersih di Batam sudah semakin menipis.

Karena itu pihaknya mengajak pengusaha di Batam untuk bisa lebih peduli terhadap pencemaran air.

“Kita mengajak pengusaha hotel, industri dan rumah sakit untuk peduli terhadap pencemaran air. Daya dukung air di Batam sudah sangat sedikit,” ujar Dendi usai menggelar sosialisasi dengan pengusaha yang juga dihadiri guru besar Profesor Candra di Lantai 4 Walikota Batam.

Pengusaha memiliki andil yang sangat besar untuk mengendalikan pencemaran dan pengunaan efesiensi air. Sebab, merekalah konsumen pengguna air bersih di Batam.

Persediaan air untuk masyarakat Batam 3800 liter perdetik dari tujuh waduk yang dikelola ATB. Yang sudah dikonsumsi 3400 liter perdetik, sehingga yang bersisa 400 liter perdetik.

“Kalau tak ada gerakan penghematan, menjaga kualitas air serta pengolahaan, maka dikhawatirkan akan ada masalah lima tahun kedepan,” terang Dendi lagi.(she)

 

Respon Anda?

komentar