Puluhan Rumah di Karimun Diserang Hama Ulat Bulu

374
Pesona Indonesia
Petugas Dispertan sedang menyemprot rumah  warga yang terserang hama ulat bulu. foto:ichwanul/batampos
Petugas Dispertan sedang menyemprot rumah warga yang terserang hama ulat bulu. foto:ichwanul/batampos

batampos.co.id – Puluhan rumah warga di komplek perumahan Griya Siderejo, dan komplek PLN, diserang hama ulat bulu. Hama ulat tersebut menempel di dinding pagar, hingga masuk ke dalam rumah warga.

“Awalnya hama ulat bulu sedikit. Itu pun, cuma menempel di dinding rumah. Terus dalam dua hari, hamanya sudah masuk ke bagian dapur. Kami khawatir ulatnya masuk ke kamar, maka kami mengadu ke RT,” ujar salah seorang penghuni Griya Siderejo, Selasa (23/8)

Ketua RT 04/RW 03 Griya Siderejo, Rido Haryono membenarkan keluhan warganya terkait serangan hama ulat bulu tersebut. Bersama warga, akhirnya mencari sumber ulat tersebut yang diketahui berasal dari lahan tidur di sekitar perumahan. “Ada satu tempat yang banyak sekali ulatnya. Lalu kami koordinasi ke kelurahan, dan langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertan) Karimun.

“Tadi petugas Dipertan sudah melakukan penyemprotan ke sejumlah rumah warga. Saat penyemprotan, kita meminta penghuni rumah untuk keluar terlebih dahulu. Setelah aman, bagi dipersilakan masuk,” tutur Rido yang ditemui di lokasi.

Plt Kepala Dipertan Karimun, Muhd Affan, turut ikut ke lokasi, didampingi Seklur Lubuk Semut Yansen untuk melihat langsung eksekusi pembasmian hama ulat bulu. Sarana yang digunakan untuk membasmi hama ulat bulu, menggunakan penyemprot yang dianggap cukup ampuh membasmi ulat bulu, dari rumah hingga ke sarangnya.

“Rumah warga boleh dibilang aman dari serangan hama setelah tiga jam dari saat pembasmian. Karena racunnya bisa membahayakan bagi kesehatan,” kata Affan.

Informasi, serangan ulat bulu di Kelurahan Lubuk Semut Kecamatan Karimun, lebih banyak jumlah daripada kasus yang sama di Bukit Senang beberapa waktu lalu. (enl/bpos)

Respon Anda?

komentar