2.051 Warga Kurang Mampu di Lingga Dapat Bantuan Tunai Bersyarat

385
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Sosial Lingga, Muslim. foto:wijaya satria/batampos
Kepala Dinas Sosial Lingga, Muslim. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Kabupaten Lingga melalui Dinas Sosial kembali mendapat bantuan uang tunai bersyarat dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI pada tahun ini. Jumlah penerima meningkat, dari 863 Kepala Keluarga (KK) pada tahun lalu, kini menjadi 2.051 KK penerima.

Pertumbuhan jumlan penerima PKH dari tahun sebelumnya, seiring dengan bertambahnya kriteria penerima sesuai dengan program Kemensos RI yakni diperuntukkan bagi warga lanjut usia dan warga disabilitas. Dua kriteria penerima ini tidak tersedia pada tahun sebelumnya.

Bantuan tersebut bersifat tunai dengan kriteria, ibu hamil dan balita mendapat bantuan sebesar Rp 1 juta pertahun, anak yang duduk di bangku sekolah Rp 450 ribu pertahun, untuk anak SMP bantuan diberikan sebesar Rp 750 ribu pertahun, sedangkan anak SMA mendapat bantuan Rp 1 juta pertahun. Selain itu, ada bantuan tetap untuk setiap KK sebesar Rp 500 ribu pertahun.

“2051 KK penerima bantuan itu adalah masyarakat yang kurang mampu dan jumlah itu didapat dari hasil survei pusat data dan informasi Kementerian Sosial RI,” kata Kepala Dinas Sosial, H Muslim, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/8) pagi.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, sesuai dengan tema bantuan bantuan tunai bersyarat, masyarakat penerima bantuan mesti melakukan syarat dan ketentuan yang dikeluarkan Kemensos RI. Sebagai contoh, lanjut Muslim, ibu hamil yang menerima bantuan harus melakukan pengecekan di Puskesmas atau rumah sakit sesuai ketentuan.

Begitu juga bagi anak usia sekolah. Jika anak dari keluarga tidak mampu tersebut putus sekolah atau sudah tidak bersekolah lagi, maka dana bantuan tersebut tidak dapat diberikan kepada yang bersangkutan.

“Secara tidak langsung, program PKH ini juga mensukseskan program peningkatan kesehatan bagi ibu hamil, serta menekan angka anak putus sekolah,” ujar Muslim.

Walau belum mengetahui jumlah pasti dana yang diterima Pemkab Lingga nantinya, namun Muslim memastikan dengan jumlah penerima yang bertambah itu, Pemkab akan mendapat dana pusat milaran rupiah. Pencairan dana akan dilaksanakan pada triwulan ke empat tahun ini melalui kantor pos dan diterima langsung oleh warga yang bersangkutan.

Untuk diketahui, Dinas Sosial Kabupaten Lingga mendapat predikat terbaik dalam ajang PKH Award dua tahun berturut-turut yakni pada 2014 dan 2015. Muslim menilai pertumbahan jumlah penerima PKH di Kabupaten Lingga tahun ini yang jauh di atas Kabupaten lain di Kepri, sebagai imbas dari prestasi yang diraih. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar