Berhentilah Minum Alkohol dan Rasakan Lima Keajaiban Ini

341
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Berhenti minum alkohol bagi seorang pecandu mungkin sulit dilakukan. Namun, jika berusaha dan memiliki keinginan, hal itu bukan mustahil dicapai.

Apalagi, jika Anda mengetahui manfaat jika berhenti minum alkohol. Mengurangi konsumsi minum alkohol hingga akhirnya berhenti sama sekali merupakan langkah yang tepat jika Anda ingin meningkatkan kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Prevention, ini dia yang bisa Anda dapatkan dalam jangka pendek dan panjang jika berhenti minum alkohol:

1. Tidur lebih nyenyak

Salah satu penelitian terbaru di jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research menemukan minum alkohol sebelum tidur akan meningkatkan pola gelombang alpha di otak, semacam aktivitas otak yang biasanya terjadi ketika Anda terjaga tetapi beristirahat.

Hasilnya? Tidur yang terganggu. Anda mungkin merasa kesulitan pada awalnya, tetapi menyerah minum alkohol mungkin akan membuat Anda merasa lebih segar dan tajam pada hari berikutnya. Sedangkan hasil dari tidur yang lebih baik: perbaikan suasana hati, konsentrasi dan kinerja mental.

2. Mengonsumsi lebih sedikit makan malam

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition, alkohol adalah salah satu pendorong terbesar asupan makanan berlebih. Itu mungkin karena alkohol mempertinggi indera kita, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Obesity.

Para peneliti menemukan beberapa wanita yang telah minum alkohol sebelumnya, akan makan 30 persen lebih banyak makanan. Bahkan keracunan ringan peningkatan aktivitas otak perempuan di hipotalamus, membuat mereka lebih sensitif terhadap bau makanan dan mendorong mereka untuk makan lebih banyak.

3. Merasa ingin makan makanan manis

Gula meningkatkan kadar dari reward dopamin kimia yang merupakan bahan bakar perasaan senang. Alkohol melakukan hal yang sama

4. Menurunkan berat badan

Alkohol memiliki cara licik untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda tanpa Anda menyadarinya. Satu margarita mungkin berisi 300 kalori. Satu studi menemukan pria mengonsumsi tambahan 433 kalori pada saat mereka minum sejumlah alkohol moderat. Bagi wanita, itu 300 kalori. Hilangkan mereka dari diet Anda dan tidak menggantinya dengan makanan penutup dan Anda akan mulai menurunkan berat badan tanpa banyak usaha.

5. Kulit lebih cerah

Dalam beberapa hari, Anda akan melihat kulit Anda cerah dan merasa lebih terhidrasi. Itu karena alkohol adalah diuretik yang menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar