Kemendagri Segera Usulkan Nama Pjs Gubernur Babel

481
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung bisa dipastikan akan bertarung di Pilkada 2017 mendatang. Sementara, roda pemerintahan di lingkup Pemprov Babel harus terus berjalan.

Untuk itu, Kementrian dalam negeri meminta Gubernur segera mengajukan nama calon pejabat sementara (Pjs) sebelum mereka mendaftar di KPU.

Sebagaimana dikatakan oleh Kasubdit Fasilitasi Kepala Daerah Dirjen Otda Kemendagri, Andi Bataralifu, dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Babel di lantai III Kantor Gubernur.

Katanya, pengusulan nama Pjs sudah dilakukan Gubernur sebelum pendaftaran. Menurut tahapan waktu pendaftaran pasangan balon adalah 19 – 21 September 2016, sehingga sebelum 22 September 2016 nama Pjs sudah diusulkan.

“Jelang pilkada, gubernur kita minta segera mengusulkan nama pejabat sementara. Dan kalau bisa pengusulannya sudah diserahkan sebelum masa pendaftaran,”ungkapnya kepada wartawan.

Sementara, dalam perjalanannya nanti, pengusulan nama akan diserahkan ke Kementrian untuk disahkan. Untuk kewenangan Pjs tadi masih dalam pembahasan. Karena dalam peraturan terkait kewenangan Pjs tersebut, akan dirinci apa – apa saja yang boleh dilakukan.

“Kita sedang bahas kewenangan Pjs seperti apa, dan akan kita rincikan. Karena roda pemerintahan harus terus berjalan dan tidak boleh kosong,”jelasnya seperti diberitakan Babel Pos (Jawa Pos Group), hari ini (25/8).

Sementara, Staf Ahli Kemendagri Suhajar Diantoro mengingatkan soal cuti kepala daerah, sebagai waktu masa Pjs menjabat hanya sekitar 3 bulan. Dimana kalau dihitung dari penetapan hingga 15 Februari 2017 yakni hari pencoblosan, berkisar 3 bulan. “Kenapa (Petahana) harus cuti diluar tanggung negara karena saat kampanye pasangan calon wajib menyampaikan visi dan misi,”katanya.

Sekda Babel, Yan Megawandi dalam hal ini mewakili gubernur menjelaskan, rakornis yang digelar ini begitu penting guna menyukseskan penyelenggaraan pilkada Babel 2017. Dia berharap baik penyelenggara, pengawas dan pemerintah Kabupaten/Kota sudah dapat ikut menyukseskan Pilgub Babel.

“Menjadi perhatian kita antisipasi, situasi atau kondisi di lapangan maupun perangkat birokrasi, kita sukseskan tidak ada tawar menarwar lagi,”tukasnya.(jpg)

Respon Anda?

komentar