Terlibat Curanmor, Polisi Tangkap Anak Bawah Umur

700
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Unit Reskrim Polsek Meral berhasil mengungkap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang dilaporkan hilang pada Jumat (19/8). Pelaku berhasil diamankan beserta barang bukti di Coastla Area satu hari kemudian.

”Sepeda motor yang dilaporkan hilang adalah Honda Beat dengan nomor polisi BP 3576 QK dengan nomor rangka MH1JFN11XEK. Pengungkapan ini berhasil kita lakukan setelah menerima laporan dari korban dan langsung melakukan penyelidikan. Dan, salah satu sasaran penyelidikan ketika itu di sekitar jalan Coastal Area,” ujar Kapolsek Meral, AKP Agung Gima Sunarya kepada koran Batam Pos, Selasa (23/8).

Dikatakan Agung, pada saat anggotanya sedang melakukan penyelidikan, melihat pelaku bersama sepeda motor. Namun, tidak langsung dilakukan penangkapan, melainkan dilakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor yang digunakan oleh pelaku. Ternyata sesuai dengan nomor rangka yang dilaporkan hilang. Bahkan, plat nomor polisi juga tidak diganti oleh pelaku.

”Pelaku yang melakukan tindak pidana Curanmor berinisial MA, 15, dan mengakui perbuatannya. Dengan kondisi pelaku yang masih di bawah umur, maka kami tidak melanjutkan proses hukum terhadap pelaku. Melainkan, kita tempuh dengan jalan diversi. Yakni, akan melibatkan orang tua atau wali pelaku, dinas terkait dan juga dari badan pemasyarakatan (Bapas) untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku agar tidak mengulangi perbuatannya,” ungkapnya.

Tentang status pelaku, Agung menyatakan bahwa pelaku memang masih di bawah umur, hanya saja sudah tidak lagi sekolah. ”Selain itu, pelaku juga tinggal bersama kakeknya. Dan, perbuatan curanmmor yang dilakukan hanya untuk memilikinya saja. Dan, ini terlihat dari barang bukti yang kita amankan masih utuh. Dengan kata lain tidak dimodifikasi atau dibuka kelengkapan yang melekat di sepeda motor,” paparnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar