Warga Batuaji Resahkan Jukir Minta Uang Parkir Tengah Malam

581
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi. f.fokus medan

batampos.co.id – Pengawasan terhadap aktifitas juru parkir (Jukir) oleh dinas perhubungan Kota Batam sangat lemah. Jukir di beberapa titik masih memungut uang parkir hingga tengah malam.

Misalkan di ruko Cipta Agung depan pasar Aviari di depan bank BRI, Jukir di sana memungut uang parkir hingga pukul 23.00 WIB. Sasarannya adalah warga yang hendak bertransaksi lewat ATM BRI.

“Di sini sampai tengah malam ada tukang parkirnya. Kita merasa tak nyaman. Apalagi tampangnya seperti preman,” kata Yanti,warga Taman Lestari, Batuaji.

Seorang penjual pecel lele di pinggir jalan di sekitar Aviari juga mengakui bahwa Jukir di sana tetap berjaga hingga tengah malam.

Bukan hanya di sana, di kompleks pertokoan di depan Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) Batuaji, Jukir juga memungut uang parkir di atas pukul 21.00 WIB, tidak sesuai dengan ketentuan.

“Bukan hanya di sini, di ATM BRI dan Mandiri yang di depan UNRIKA atau di belakang sekolah Putra Batam itu juga sampai malam,” katanya.

Kepala UPT Parkir dinas perhubungan Kota Batam Agus Sulaiman mengatakan seorang jukir hanya diperkenankan bayar uang pakir mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

“Itu sudah diatur di dalam Perda. Jadi lewat dari jam itu sudah pungutan liar. Dan warga berhak untuk tidak membayar,” katanya.

Agus mengaku dinas perhubungan terus melakukan pemantauan terhadap titik-titik parkir yang ada di Batam. Meski ia akui selama ini tidak pernah melakukan penindakan terhadap Jukir liar yang ada di Batam.

“Kalau kami hanya mengutip sampai jam 8 malam saja. Jadi kalau ada pungutan setelah itu, maka itu tak ada ke PAD. Itu murni ke oknum Jukir atau pihak yang ada di belakang jukir itu,” katanya.

Anggota komisi III DPRD Kota Batam Werton Panggabean mengatakan memungut uang pakir hingga tengah malam membuat warga sangat tidak nyaman. Ia berharap tindakan tegas dari dinas perhubungan Kota Batam.

“Bayangkan, kalau kita ke ATM, kita ambil duit, tengah malam ada yang datang dan mendekat ke kita untuk minta uang parkir. Pasti sangat tak nyaman. Kalau saran saya, langsung tinggalin saja. Tak usah bayar,” sarannya. (ian)

Respon Anda?

komentar