Berpakaian Ala Wanita, Tiga Regu Gerak Jalan Ditendang

818
Pesona Indonesia
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah melepas peserta lomba gerak jalan trijuang 8 kilometer, Kamis (25/8). Ada tiga peserta didiskualifikasi lantaran berpakaian tidak sopan. F. Humas Pemko Tanjungpinang untuk Batam Pos.
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah melepas peserta lomba gerak jalan trijuang 8 kilometer, Kamis (25/8). Ada tiga peserta didiskualifikasi lantaran berpakaian ala wanita. F. Humas Pemko Tanjungpinang untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Tiga kelompok peserta lomba Gerak Jalan Trijuang ditendang dari barisan peserta yang menanti giliran dilepaskan, di Terminal Sungai Carang Bintan Center, Kamis (25/8).

Lazimnya, gerak jalan yang menempuh rute sepanjang delapan kilometer ini diikuti kaum wanita. Namun, tiga kelompok ini terdiri dari barisan laki-laki yang mengenakan pakaian ala wanita. Lengkap dengan aksesorinya. Semacam daster, rok, riasan wajah, hingga wig.

Panitia yang sudah sedari awal mewanti-wanti agar tidak lagi ada yang berdandan di luar batas kesopanan enggan kecolongan. Dengan sigap, tiga kelompok tersebut ditepikan dan dinyatakan tidak layak mengikuti gerak jalan.

“Kami tidak peduli walau sudah ambil nomor urut peserta,” kata Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, ditemui usai membuka lomba rutin tahunan ini.

Ketegasan tanpa ragu ini diambil Lis serta segenap panitia mengingat yang diperbuat tiga kelompok itu tidak mencerminkan semangat kemerdekaan, sebagaimana tujuan lomba gerak jalan ini diselenggarakan. Tidak ada toleransi, kata Lis. “Karena panitia sudah mengimbau sejak pendaftaran kemarin.”

Namun patut disayangkan, ketika sudah dinyatakan tidak boleh lagi ikut gerak jalan, tiga kelompok ini tiba-tiba bisa berada di lintasan. Memang tidak dipungkiri kehadiran mereka menghibur masyarakat yang menonton di tepi jalan. Namun, dengan tidak mengindahkan etika dan budaya, apa pun alasannya tetap tak bisa dibenarkan.

“Kami cuma mau meramaikan,” kata seorang peserta dari kelompok tersebut.

Pada tahun ini, lomba Gerak Jalan Trijuang delapan kilometer diikuti 246 pendaftar. 230 di antaranya sudah mengambil nomor dan ada tiga kelompok didiskualifikasi karena berpakaian tidak sopan. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar