Ladies, Ini 4 Penyebab Tamu Bulanan Datang Tidak Teratur

390
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Bagi kaum perempuan, mendapatkan menstruasi yang teratur adalah hal yang melegakan, karena itu salah satu pertanda tidak ada kesehatan yang terganggu.

Namun, tidak sedikit wanita yang merasa khawatir dan sering sekali mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Kebanyakan wanita menandai menstruasinya lancar atau tidak berdasarkan tanggal pada tiap bulan. Tidak lancarnya menstruasi juga bisa jadi pertanda yang tidak baik bagi kesehatan para wanita.

Biasanya, penyebab menstruasi yang tidak teratur dikarenakan beberapa hal seperti faktor psikologis atau juga bisa karena hal yang buruk sekalipun seperti adanya suatu penyakit.

Dilansir dari laman Prevention, berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa siklus menstruasi tidak lancar.

1. Stres

Sebuah peristiwa menakutkan dalam hidup Anda bisa menyebabkan amenore hipotalamus. Daerah ini khusus di otak, hipotalamus adalah di mana banyak hormon untuk periode Anda diatur. Hipotalamus sangat dipengaruhi oleh stres. Jadi, jika Anda sedang berhadapan dengan stres, maka itu bisa menjadi penyebabnya.

2. Ketidakteraturan tiroid

Kelenjar tiroid yang terletak di leher Anda, mengatur metabolisme Anda. Kelenjar tiroid juga berinteraksi dengan banyak sistem lain dalam tubuh Anda untuk menjaga hal-hal berjalan lancar.

Jika Anda berurusan dengan semua jenis ketidakseimbangan tiroid, apakah itu hipo atau hipertiroidisme, maka hal tersebut bisa memiliki implikasi untuk periode Anda. Jika Anda melihat gejala lain dari gangguan tiroid, periksa dengan dokter Anda untuk diagnosis resmi.

3. Sindrom ovarium

PCOS adalah ketidakseimbangan hormon akibat kurangnya ovulasi, sehingga Anda akanmengubah kadar estrogen, progesteron dan testosteron.

Hal ini bisa menyebabkan Anda benar-benar kehilangan periode atau menstruasi tidak teratur.

Gejala PCOS lain termasuk pertumbuhan rambut di wajah dan dada, kesulitan menurunkan berat badan dan masalah kesuburan potensial.

4. Celiac/penyakit kronis lainnya

Setiap penyakit kronis/celiac yang tidak diobati atau tidak terdiagnosis adalah stressor sistem umum dan bisa menyebabkan ketidakteraturan menstruasi. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar