Pemkab Lingga Optimis SMSR III Jadi Pahlawan Nasional

673
Pesona Indonesia
Bupati Lingga, Alias Wello. foto:hasbi/batampos
Bupati Lingga, Alias Wello. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Lingga optimis, usulan pengakuan Sultan Mahmud Riayat Syah III, sebagai pahlawan nasional akan diterima pemerintah pusat. Hal tersebut disampaikan langsung, Bupati Lingga, Alias Wello beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, tim penyusun dan perumus terus bekerja ekstra. Sejumlah nama dan tokoh-tokoh besar dilibatkan mengusung SMSR III menjadi pahlawan nasional.

“Insya Allah saya yakin ini akan terealisasi. Akan lahir lagi satu pahlawan kita dari Kepri, SMSR III ini,” papar Awe sapaan akrab Bupati Lingga penuh optimis.

Sementara itu ditempat lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga, M Asward mengatakan, pihaknya terus menggesa penyusunan perjuangan SMSR dalam kajian akademisi bersama tim yang diketuai oleh Abdul Malik. Ditambah lagi, hal ini kata Asward telah mendapat lampu hijau dari DPRD Kabupaten Lingga terkait dukungan anggaran. Namun saat ini tinggal menanti pengesahan APBD-P.

“Kalau dewan sudah sudah setuju, dengan pengusulan dinas berarti tetap digesa. Kita bersama tim masih dalam tahap penyusunan dan perumusan untuk kelengkapan data. Setelah itu, akan ada seminar di Tanjungpinang,” kata Asward di kantornya, Kamis (25/8).

Terkait anggaran, pada APBD murni lalu, dinas telah mengajukan Rp 400 juta untuk mendukung kegiatan yang dilakukan tim penulis. Sementara di APBD P 2016, dinas juga kembali mengusulkan penambahan anggaran. Hal ini guna kelengkapan data pendukung yang akan diperbanyak dari wilayah Kepri termasuk Lingga, Malaysia maupun tulisan-tulisan di Belanda.

“Usulan ini nanti dibawa ke pusat pada November 2017. Kita bersama tim akan terus menggesa,” sambungnya.

Hal ini, kata Asward, telah tertuang dalam surat keputusan (SK) bupati Lingga dengan Nomor 102/KPTS/III/2016.

Selain tim perumus dan penyusun disampaikan Asward, pengumpulan data juga melibatkan tokoh masyarakat dan para penulis lokal untuk mendukung pengajuan tokoh pertama Kepri sebagai pahlawan nasional. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar