Siswa SMP Kalista Borong Medali di Kompetisi Panahan Nasional dan Internasional

1609
Pesona Indonesia
Sadad Faishal Faiz (kacamata) meraih medali emas di babak Kualifikasi Kejurnas Vieneth Independence Archery Tournament kelas Standardbow Pelajar di Lembang, 20 Agustus 2016. Foto: dok. BAC - Batam Archery Center
Sadad Faishal Faiz (kacamata) meraih medali emas di babak Kualifikasi Kejurnas Vieneth Independence Archery Tournament kelas Standardbow Pelajar di Lembang, 20 Agustus 2016. Foto: dok. BAC – Batam Archery Center

batampos.co.id – Kota Batam ternyata memiliki atlet panahan yang punya kemampuan luar biasa. Dia adalah Sadad Faishal Faiz, siswa kelas 9 SMP Kalitas Batam.

Meski baru berusia 14 tahun, namun Faiz sudah mengukir prestasi gemilang baik nasional maupun internasional.

Pada 18 Agustus 2016 lalu, ia menyabet medali perunggu babak Eliminasi Kejurnas Bandung Archery Open Piala Walikota Bandung. Ia turun di Kelas Standardbow Pelajar di Bandung.

Dua hari (20/8/2016) setelah menyabet perunggu, pelajar yang tergabung dalam Batam Archery Center ini menyabet medali emas di babak Qualifikasi dalam Kejurnas Vieneth Independence Archery Tournament kelas Standardbow Pelajar di Lembang.

“Faiz merupakan satu satunya wakil Batam dan Kepri dari klub Panahan BAC-Batam Archery Center dalam dua kejuaraan Panahan di Jawa Barat tersebut,” tulis rilis yang dikirimkan timnya ke redaksi batampos.co.id.

Kejuaraan ini, diikuti oleh sekitar 422 pemanah yang mewakili klub maupun organisasi panahan dari seluruh Indonesia. Selain atlet panahan dari seluruh Jabar, kejuaraan ini juga diikuti atlet dari DKI Jakarta, Solo, Surabaya, Sulawesi, Biak, Berau, dan Batam.

Pada kejurnas kali ini mempertandingkan laga untuk ronde nasional, FITA Recurve, FITA Compound, Bare Bow 3D, dan Horse Bow 3D. Untuk masing-masing ronde atau nomor, dipertandingkan untuk kategori SD, SMP, dan umum. Baik di kategori putra maupun putri.

“Khusus untuk nomor pertandingan kelas bare bow 3D dan horse bow 3D menjadi nomor baru dimana kelas tersebut menjadi salah satu kelas yang mulai diminati dan populer,” ujar Faiz.

Selain diikuti atlet pemula, kejuaraan kali ini pun diikuti oleh atlet-atlet panahan yang disiapkan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 serta Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV/2016.

Kejuaraan ini juga diikuti oleh beberapa atlet PON XIX diantaranya dari DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur. Selain itu, atlet panahan Jabar yang dipersiapkan untuk ajang Peparnas XV/2016 pun ikut ambil bagian dalam kejuaraan.

Sadad Faishal Faiz (kacamata) meraih medali perunggu di babak Eliminasi dalam Kejurnas Bandung Archery Open Piala Walikota Bandung Kelas Standardbow Pelajar di Bandung, 18 Agustus 2016. Foto: dok. BAC - Batam Archery Center
Sadad Faishal Faiz (kacamata) meraih medali perunggu di babak Eliminasi dalam Kejurnas Bandung Archery Open Piala Walikota Bandung Kelas Standardbow Pelajar di Bandung, 18 Agustus 2016. Foto: dok. BAC – Batam Archery Center

Selain dua ajang panah itu, Kamis (25/8/2016), Faiz kembali mengukir prestasi di Kompetisi Panahan tingkat internasional di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sadad Faishal Faiz (kacamata) meraih medali perunggu di ajang Panahan Internasional di Bukit Tinggi, kamis (25/8/2016). Foto: dok. BAC - Batam Archery Center
Sadad Faishal Faiz (kacamata) meraih medali perunggu di ajang Panahan Internasional di Bukit Tinggi, kamis (25/8/2016). Foto: dok. BAC – Batam Archery Center

“Alhamdulillaah, dengan izin Allah pada kesempatan ini Faiz berhasil meraih Juara 3 dan mengalungkan Medali Perunggu untuk kelas Standard SMP jarak 30 meter,” tulis tim Batam Archery Center di akun facebooknya. (nur)

Respon Anda?

komentar