Ironman 70.3, Bintan 2016, Diikuti 1200 Atlet dari 50 Negara

947
Pesona Indonesia
foto:fatih/batampos
foto:fatih/batampos

Gong perhelatan Ironman 70.3, Bintan 2016 ditabuh hari ini, Ahad (27/8) Perhelatan ini akan berlangsung hingga esok hari.

Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Even Organaizer (EO) Metasport akan menjadi host event berskala international tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, perhelatan olahraga internasional Ironman 70.3 Bintan ini dipastikan banyak dilirik oleh atlet-atlet dunia. Dari data yang sudah diterima panitia, sudah 1.200 atlet dari 50 negara telah mendaftarkan diri untuk ikuti ajang bergengsi ini.

“Inilah peluang besar bagi kita untuk mengenalkan Kabupaten Bintan kepada wisatawan mancanegara. Melalui even ini juga, kita akan menggenjot angka kunjungan wisatawan di 2016 ini,” ujar Luki.

Lebih lanjut Luki mengatakan, tidak menutup kemungkinan, jumlah atlet yang mendaftar akan bertambah lagi karena sampai saat ini pendaftaran masih terbuka. ”Targetnya, atlet yang ikut ambil bagian pada ajang Triathlon ini bisa mencapai 1500-1800 atlet,” tambahnya.

Luki menambahkan, dengan keindahan alam yang dimiliki Bintan dan perhelatan olahraga internasional yang digelar, pihaknya yakin Bintan akan jadi destinasi wisata kelas dunia.

”Bayangkan, ada 50 negara sudah tersedot perhatiannya ke kabupaten ini,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan setiap event international itu memiliki dua impact. Yakni, direct impact dan indirect impact.

“Direct impact itu jumlah wisman yang masuk sebagai peserta, termasuk supporternya. Jumlahnya tidak sebesar indirect impact-nya. Nah indirect impact ini biasa disebut sebagai media value, karena bakal dirilis di banyak media dari mancanegara. Media value itu juga bisa dihitung,” ungkap Menpar Arief Yahya.

General Grup Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab mengatakan PT BRC telah menyediakan 2.000 kamar hotel untuk menampung atlet, keluarga atlet hingga pendukungnya yang berasal dari 50 negara untuk mengikuti perhelatan tersebut.

“Okupansi Hotel sudah 90 persen. Sebab atlet yang ikut sudah dipastikan lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya,” katanya.

Untuk lokasi pegelaran ajang bergengsi kelas dunia ini, kata Wahab, sama dengan tahun sebelumnya yaitu Kawasan Wisata Lagoi Bay. Menurutnya, Kawasan Lagoi Bay ini lebih serasi perpaduannya baik dengan adanya alam nan indah maupun fasilitas yang tersedia.

Bahkan, kata dia, PT BRC juga menyediakan sarana dan prasarana permainan anak-anak. Jadi bagi orang tua yang mengikuti perhelatan ini tidak perlu kawatir dengan keadaan anaknya sewaktu ditinggal berlaga. Karena anak-anaknya bisa bermain sepuasnya dengan sarana dan prasarana yang disediakan.

“Saya yakin ini bisa mendatangkan wisatawan mancanegara maupun lokal yang sangat banyak. Bahkan saya juga yakin kedepannya Bintan akan dikenal oleh seluruh dunia,” ungkapnya.

Event sport tourism itu juga sudah mulai heboh. Itu setelah Cameron Brown, juara dunia 4 kali Ironman World Champion, serta 12 kali menjadi raja di Ironman Selandia Baru, memutuskan ambil bagian di Ironman 70.3 Bintan 2016. Tentu, kelas persaingan di Bintan nanti akan semakin sengit dan tentu ini akan menaikan pamor Ironman 70.3 Bintan.
Meskipun dianggap olahraga kelewat “gila”, Ironman 70.3 ini rupanya tak sepi peminat.

Seorang juara dunia sekelas Cameron Brown dipastikan ikut serta di lomba yang membutuhkan ketahanan fisik luar biasa itu. Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Rizki Handayani mengatakan, olahraga ini sangat akrab dan mesra dengan alam. Kendati harus renang di perairan lepas, imbuh Rizki, bersepeda puluhan kilometer dan lari marathon puluhan kilometer, peminatnya tetap banyak.

“Hari ini, 27 Agustus 2016 akan diawali dengan Ironkids yang diikuti 200 peserta yang umumnya dari mancanegara. Selain itu Wismannya ditambah lagi dengan para pendamping atau kawannya saat mengikuti lomba. Akan banyak yang datang ke Bintan,” ujar Kiki.

Kiki menjelaskan, para atlet Ironman 70.3 akan memulai lomba dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km, red) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah yang dimiliki tanah air. Setelah itu, imbuh Kiki, Minggu 28 Agustus 2016, para peserta akan bersepeda sepanjang 56 mil (90 km, red).

Rutenya Plaza Lagoi Bay – Simpang Lagoi – Kampung Baru – Simpang Penaga Lintas Barat – Busung, Simpang Lobam – RSUD Tanjunguban -TMP Dwikora Tanjung Uban – Kampung bugis -Sekera -Sungai Kecil kembali ke simpang Lagoi dan berakhir di Plaza Lagoi Bay. Kata Kiki, ujian daya tahan tubuh itu kemudian akan diakhiri dengan lomba lari yang akan melahap 3 lap sepanjang 21 km.

”Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon Ironman 70.3 bersama penyelenggara acara MetaSport ini semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Banyak even olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini. Dan hal itu diyakini akan mendongkrak pariwisata great Batam atau Bintan,” ujar Kiki.

Sekadar informasi, Ironman 70.3 Bintan sudah diplot menjadi ajang kualifikasi Ironman dunia sebelum mencapai Ironman World Champion di Australia. Bupati Bintan Apri Sujadi mengaku bahagia dengan diadakannya perhelatan kelas dunia di wilayahnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat untuk Pariwisata Bintan. “Bersama Kementerian Pariwisata, kami akan bersatu menyukseskan Ironman 70.3 Bintan, terima kasih Kemenpar yang telah mendukung perhelatan ini sehingga bisa terlaksana dan tersiapkan dengan baik,” ujar Apri.

Bagi Apri, menyelenggaraan Ironman 70.3 akan memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa. Sekarang, sudah ada bayangan minimal 1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan dollarnya di Bintan. Itu belum termasuk keluarga peserta dan ofisial tim.“Even ini juga mempunyai media value yang tinggi. Atlet-atlet dunia yang tampil di Ironman 70.3 di Bintan pasti akan menjadi pemberitaan media internasional.

Karenanya akan kami beri pelayanan terbaik untuk merekal Kami akan buat mereka terkesan dengan Bintan,” kata Apri.
Untuk memperlancar pelaksanaan, Apri mengaku sudah menjalin komunikasi dengan pihak Imigrasi dan Bea Cukai. Proses kedatangan wisatawan atlet mancanegara akan dipermudah. “Tahun ini ada kenaikan jumlah peserta sekitar 20 persen. Harapan kami, Ironman tahun ini bisa kembali sukses seperti tahun sebelumnya,” ujar Apri.

Selain ada ribuan peserta dan para atlet kelas dunia yang bakal meramaikan ajang tahunan di Bintan itu, Apri menyebut, ada 200 peserta Ironman Kids yang akan ikut serta di laga pembuka dengan berlari sejauh 1,5 Km.(*)

Respon Anda?

komentar