Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang Gambir di Kundur

816
Pesona Indonesia
Kendaraan truk pengangkut daun gambir hangus dalam musibah kebakaran gudang pengolahan gambir, (Rabu 24/8) lalu. foto:imam soekarno/batampos
Kendaraan truk pengangkut daun gambir hangus dalam musibah kebakaran gudang pengolahan gambir, (Rabu 24/8) lalu. foto:imam soekarno/batampos

batampos.co.id – Jajaran Polsek Kundur Utara/Barat masih melakukan penyelidiki penyebab kebakaran gudang pengolahan daun gambir di Mangkuse, Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, pada (Rabu 24/8) kemarin. Upaya yang dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah saksi mata untuk dimintai keterangan terkait musibah kebakaran gudang gambir tersebut. Akibat kebakaran kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta seperti satu unit truk, dua unit mesin desel, tiga unit mesin pemotong daun gambir dan tiga ton daun gambir siap produksi ludes terbakar.

Wakapolsek Kundur Utara Iptu Yamin mengakui pihaknya masih melakukan pemeriksaan beberapa saksi yang merupakan pekerja di dalam gudang pengolahan gambir. Dari keterangan Misran pekerja gudang menyebutkan kronologis kejadian kebakaran pada pukul 03.00 Wib dini hari. Saksi Misran mengetahui kebakaran setelah mendengar bunyi klakson kendaraan truk dengan muatan daun gambir berada di sebelah dapur. Ketika itu Misran melihat kepulan asap berasal dari dapur pengolahan daun gambir lantas melaporkan pada pemiliknya.

“Iya kita sejak kejadian kebakaran Rabu kemarin kami terus melakukan menyelidiki penyebab kebarakan termasuk mencari asal api. Keterangan dari saksi Misran menyebutkan sebelum terjadi kebakaran, Selasa pagi sampai siang dapur digunakan untuk mengolah daun gambir hingga sore aktifitas selesai,” kata Yamin.

Ditambahkan kemungkinan masih ada sisa api dalam tungku dapur tersebut sehingga ketika tengah malam kena tiupan angin hingga api membesar. Tanpa diketahui kobaran api membakar kendaraan, termasuk daun gambir dan mesin pemotong daun gambir juga ikut terbakar. Kejadian kebakaran diharapkan menjadi pelajaran bersama, agar lebih waspada dan hati-hati pastikan sisa api dalam dapur sudah padam.

Informasi yang dihimpun koran Batam Pos di lapangan keberadaan gudang pengolahan daun gambir dibangun secara permanen. Keberadaan gudang pengolahan gambir sudah puluhan tahun bahkan salah satu penghasil gambir di pulau Kundur. (ims/bpos)

Respon Anda?

komentar