Terkendala Internet, Perekaman e-KTP di Natuna Dilakukan Offline

639
Pesona Indonesia

Rekam-E-KTP_Dalil-Harahap-640x427batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna sejak beberapa hari ini melakukan perekaman langsung di kecamatan, untuk menyelasikan data warga yang belum direkam.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pemkab Natuna Trisulo mengatakan, saat ini masih banyak warga belum melakukan perekaman e-KTP. Sehingga perlu melakukan rekam data di lapangan.

“Sekarang kami berada di Kecamatan Serasan, untuk rekam data e-KTP. Setelah itu dilanjut ke Kecamatan Subi dan Serasan,” kata Trisulo, Jumat (26/8).

Diakui Trisulo, animo masyarakat merekam e-KTP sudah tinggi. Sebelumnya warga kurang mempedulikan perubahan program e-KTP. Namun karena KTP siak kedepan tidak berlaku, maka warga pun antusias datang ke kantor camat setempat.

“Sekarang memang belum semua warga Natuna belum melakukan perekaman data e-KTP. Kami imbau, segera datangi kantor camat atau langsung ke kantor disduk capil,” kata Trisulo.

Dikatakan Trisulo, untuk pencetakan e-KTP sudah bisa dilaksanakan di disdukapil. Namun warga harus menyertakan KTP siak, kartu keluarga dan ijazah untuk pencocokan data yang valid.

Di Natuna, katanya, dalam proses perekaman data e-KTP masih memiliki kendala jaringan internet. Terutama perekaman data di kecamatan-kecamatan, seperti di Serasan, Subi, Midai, Pulau Laut, Pulau Tiga yang jauh dari pusat kabupaten.

“Jaringan internet di sana masih hilang timbul, itu pun sudah gunakan internet satelit, kerjasama Telkomsel,” ungkap Trisulo.

Untuk sementara, sambungnya, dengam kendala keterbatasan internet, perekaman dilakukan secara offline. Setelah dibawa ke Disduk, datanya bisa dikirim ke Jakarta sebelum dicetak.

“Sekarang kami hanya bisa rekam data secara offline. Nanti datanya dibawa dulu ke kantor baru dikirim ke Jakarta,” ujar Trisulo.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar