Bintan Sukses Gelar Perhelatan Ironman 70.3 Bintan 2016

523
Pesona Indonesia
Bupati Bintan, Apri Sujadi, menyaksikan pelepasan peserta Ironman 70.3 Bintan 2016 di Lagoi Beach. foto:harry/batampos
Bupati Bintan, Apri Sujadi, menyaksikan pelepasan peserta Ironman 70.3 Bintan 2016 di Lagoi Beach. foto:harry/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan berhasil menyukseskan perhelatan Ironman 70.3 Bintan 2016 yang ditaja dari 27-28 Agustus oleh PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Event Organaizer (EO) Metasport di Kawasan Pariwisata Lagoi Bay, Kecamatan Teluk Sebong. Semua itu dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Bintan sebagai satu-satunya destinasi wisata olahraga dunia (tourism sport world) 2017 mendatang.

“Kami akan selalu mendukung terselenggaranya iven olahraga bertaraf internasional di Bintan. Karena iven-iven seperti ini telah menjadi agenda prioritas kami menuju Bintan Tourism Sport World 2017 mendatang,” ujar Bupati Bintan, Apri Surjadi usai menyaksikan jalannya Ironman 70.3 Bintan di Kawasan Pariwisata Lagoi Bay, Minggu (28/8).

Memang saat ini keuangan negara dan daerah sedang diguncang defisit anggaran. Namun tak membuat Pemkab Bintan getir apalagi mengeluhkan permasalahan tersebut. Berbagai carapun dilakukan untuk menutupi kekurangan itu baik melalui pemangkasan kegiatan yang menjadi agenda pemerintahan hingga mencari sponsor dari berbagai pihak swasta. Alhasil, Iven olahraga internasional yang diikuti 1.200 atlet dari 52 negara itupun bisa berjalan sukses di tahun ini.

Langkah cepat yang dilakukan pemerintah dalam mendukung Ironman 70.3 Bintan itu dari penyediaan aksestabilitas hingga menerjukan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) untuk melaksanakan pengawasan dan pengamanannya. Sehingga seluruh lokasi atau jalur yang akan dilalui para atlet dalam ajang olahraga kelas dunia itu bisa dirasakan aman dan nyaman.

“Akses yang digunakan para atlet telah kita perbaiki dan steril. Bahakan pengamanannya juga super ketat. Inilah upaya kita dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan agar betah di Bintan.

“Semoga dengan pelayanan yang baik ini membuat mata dunia tertuju kepada Bintan,” harapnya.

Hal senada juga dikatakan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam bahwa iven olahraga bertaraf internasional akan selalu menjadi prioritas dalam agenda pemerintahannya. Bahkan iven-iven olahraga itu telah menjadi produk utama atau unggulan dalam sektor kepariwisataan.

“Butuh inovasi-inovasi baru untuk menciptakan Bintan sebagai destinasi tourism sport world. Salah satunya dengan menghadirkan iven-iven olahraga bertaraf internasional seperti ini,” katanya.

Kata dia, menghadirkan iven-iven berkelas dunia ini tak semudah membalikan telapak tangan. Banyak rintangan dan hambatan yang harus dillalui Pemkab Bintan. Khususnya dengan permasalahan ketersediaan anggaran yang sedang dialami pemerintahannya. Namun masalah ini semakin membuatnya semangat melahirkan ide-ide dan gagasan yang cepat dan tepat.

“Kita berusaha melobi Pemerintah Pusat agar APBN dikucurkan sebanyak mungkin. Bahkan juga membujuk berbagai pihak swasta agar mau mensponsori berbagai iven-iven yang ditaja di Bintan,” akunya.

“Hasilnya banyak sponsor yang mendukung, seperti Indofood, Wonderful Indonesia dan lainnya. Ditargetkan iven olahraga lainnya seperti Moonrun, Spartan, Toure de Bintan, Triathlon, Metamen, dan Marathon akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dengan dukungan dari berbagai seponsor,” bebernya.

Asisten Deputi Pemasaran Luar Negeri Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Rizki Handayani mengakui suksesnya perhelatan Ironman 70.3 Bintan 2016 ini tak terlepas dari bantuan dari berbagai pihak. Baik itu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda) juga dari pihak lainnya seperti Wonderful Indonesia dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya pihak yang mensponsori iven ini. Khususnya PT Indofood yang ikut serta membantu mensukseskan Ironman 70.3 Bintan tahun ini,” ucapnya.

Dikatakannya, Pemerintah Pusat khususnya Kemenpar RI memang sedang dilanda defisit keuangan saat ini. Imbasnya, alokasi dana yang direncanakan untuk digelontorkan dalam mendukung berbagai perhelatan iven di seluruh wilayah pariwisata Indonesia tak sepenuhnya bisa disalurkan. Karena dana yang dialokasikan itu harus dipangkas sebagai langkah untuk mengefisiensi ketersediaan anggaran dalam menjalankan roda pemerintahan hingga akhir tahun.

Namun bukan berarti dengan adanya defisit ini Kemenpar RI tutup mata atau tak memberikan sumbangsihnya dalam mensukseskan berbagai perhelatan. Melainkan tetap mensuport agar iven yang ditaja dalam rangka menarik wisatawan asing tetap meningkat ke dalam negeri. Khususnya di Kepri yang menjadi pilot projet sebagai mesin menarik angka kunjungan wisatawan asing tersebut.

“Selain berusaha mencari seponsor, kita akan tepat mengalokasikan dana untuk iven ini. Khusus dari bidang saya saja, 30 persen alokasi APBN digelontorkan mendukung terselenggaranya iven-iven olaharaga di Bintan,” sebutnya.

Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab mengatakan suksesnya perhelatan iven Ironman 70.3 Bintan tak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Diantaranya dari Pemerintah Pusat, Pemprov Kepri, Pemkab Bintan, dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

“Selain dapat bantuan dari pemerintah, kita juga didukung oleh Wonderful Indonesia dan PT Indofood,” katanya.(ary/bpos)

Respon Anda?

komentar