Catat! Ini Sumber-sumber Kuman Alergi di Rumah

589

141353_219279_sepatu_gendies_besarbatampos.co.id – Rumah yang bersih dan terawat bisa mengobati stress Anda setelah bekerja di luar sana sehingga memberikan efek positif bagi kesehatan.

Namun, bagi Anda penderita alergi, tentunya harus mengetahui di mana saja sumber kuman-kuman itu bersarang.

Berikut beberapa tempat di rumah Anda, yang bisa menyebabkan alergi, seperti dilansir laman India Times, Kamis (25/8).

1. Karpet.

Karpet di ruang tidur dan ruang tamu merupakan pelabuhan alergen dalam ruangan. Orang menginjak karpet dengan sepatu dan membawa serbuk sari dan alergen lainnya ke rumah Anda.

Dianjurkan untuk membersihkan karpet sekali seminggu dan meletakkan sepatu ditempatnya.

2. Jendela.

Jika Anda tinggal di daerah yang tenang dan hijau, maka Anda bisa menderita alergi serbuk sari. Yang bisa Anda lakukan adalah memasang windows screen, yang bisa menurunkan risiko alergi.

Tapi jika terlalu sensitif, Anda juga bisa menggunakan alat pembersih udara untuk rumah Anda.

3. Tempat tidur Anda.

Sangat mungkin tempat tidur dikerumuni jutaan tungau dan debu, yang Anda tidak tahu tentang hal itu. Biasakan mencuci seprai dengan air panas, setidaknya satu minggu untuk menyingkirkan tungau debu.

4. Kamar mandi.

Kamar mandi basah yang lembab dan tirai adalah tempat berkembang biaknya alergen. Bersihkan, semua perlengkapan kamar mandi dengan disinfektan.

5. Sepatu.

Anda tentu kerap berpergian ke banyak tempat dengan menggunakan sepatu yang sama, yang berdampak membawa alergen. Solusinya, lepaskan sepatu tepat di luar atau di dekat pintu masuk pintu. Sebisa mungkin, jangan masukkan sepatu ke dalam rumah.

6. Air conditioners.

AC dan gadget elektronik lainnya di sekitar rumah juga bisa menjadi tempat berkembang biak bagi tungau debu dan jamur lain, tanpa Anda menyadarinya. Bersihkan dengan kain basah sekali seminggu. (fny/chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar