Hanya Gelar Satu Pilkada Saja, KPU Bengkulu Tetap Usulkan Tambahan Anggaran

1247
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.oc.id – Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, S,Ag, MM mengatakan pihaknya tetap meminta dana ke Pemda Provinsi Bengkulu walaupun di daerah itu hanya Kabupaten Benteng yang menggelar Pilkada serentak tahun 2017.

“Kami sudah mengusulkan kebutuhan dana sebesar Rp 500 juta ke pemda,” ujarnya seperti diberitakan Rakyat Bengkulu (Jawa Pos Group) hari ini (29/8).

Dana itu peruntukannya untuk melakukan monitoring tahapan dari awal sampai akhir dan terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Benteng definitif.

‘’Kami butuh dana itu karena KPU Provinsi tetap sebagai pengawas dan pendampingan dalam tahapan Pilbup Benteng tahun depan. Terutama jika ada sengketa itu jelas yang tidak bisa diselesaikan di KPU Benteng akan ditangani KPU Provinsi. Bahkan jika terjadi gugatan ke Mahkamah Konstitusi, itu KPU Provinsi yang ikut mendampingi,’’ ujar Irwan.

Menurut Irwan, pihaknya berharap agar usulan itu dapat diakomodir. Selama ini sejak dimulainya proses tahapan Pilbup Benteng, pihaknya turun dan melakukan kegiatan suvervesi tidak memiliki anggaran. Akan tetapi karena sudah kewajiban tentu harus dilakukan. Maka dengan itu dana tersebut memang benar-benar dibutuhkan.

‘’Kita berharap proses Pilbup Benteng berjalan dengan lancar , aman dan jujur serta adil. Kemudian partisipasi masyarakat untuk memilih tinggi. Lalu tidak ada sengketa yang sampai ke MK,’’ terangnya.

Ditambahkan Irwan, pihaknya akan terus mengawasi semua tahapan yang dilaksanakan KPU. Kemudian juga KPU Provinsi akan berkoordinasi ke KPU RI terkait aturan atau PKPU yang ada. Tujuannya agar KPU juga dalam menjalankan tahapan tidak menyalahi mekanisme yang ada. ‘’Kita juga minta KPU professional dan netral. Jangan ada yang memihak ke salah satu calon. Risikonya bisa dikenakan kode etik,’’ pungkasnya.(jpg)

Respon Anda?

komentar