Hasil Penggeledahan Rumah Ivan, Ditemukan Korek Api Kayu yang Pentolnya Telah Diambil

964
Pesona Indonesia
Petugas kepolisian menggeledah rumah orang tua pelaku teror bom, di Jalan Setia Budi Gang Sehati, Medan Selayang, Medan, Sumatera Utara, Minggu (28/8/2016). Foto: TEDDY AKBARI/SUMUT POS/JPNN.com
Petugas kepolisian menggeledah rumah orang tua pelaku teror bom, di Jalan Setia Budi Gang Sehati, Medan Selayang, Medan, Sumatera Utara, Minggu (28/8/2016). Foto: TEDDY AKBARI/SUMUT POS/JPNN.com

batampos.co.id -Tim Gegana Polda Sumut telah melakukan penggeledahan rumah Ivan Siagian (18), anak muda yang sempat menyerang pastor Albert S Pandiangan sambil membawa rakitan pipa berisi bahan petasan yang awalnya dikira bom. Hasilnya, polisi menyita beberapa benda milik Ivan.

Baca Juga: Bahan Peledak yang Digunakan Ivan di Gereja Santo Yoseph Medan Ternyata Bukan Bom, Tapi Petasan

Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto menyebutkan beberapa bahan yang diambil dari kamar Ivan antara lain, buku tentang robotik, sejumlah korek api kayu yang pentolnya sudah diambil, dan beberapa meter kabel.

“Untuk saat ini tim analisis lab for juga masih melakukan penyelidikan. Untuk saksi sudah 9 orang yang kita mintai keterangan, yaitu jemaat gereja dan keluarga,”  ujar Mardiaz.

Diduga Ivan hanya melakukan ekspremen-eksperimen bahan-bahan yang bisa meledak atau bisa menimbulkan api atau asap. Seperti pentolan korek api kayu yang jika dikumpulkan lalu dimasukkan dalam lubang lalu diberi bahan untuk menghidupkan korek api lalu dikasi besi atau paku yang jika dipukul akan menimbulkan ledakan kecil. Persis mainan anak-anak saat kecil dulu.

Bisa jadi itu yang dilakukan Ivan pada 26 Agustus 2016. Sekitar pukul 21.00 WIB, yang menurut kakaknya, Eva, sempat mendengar ledakan kecil layaknya petasan kecil di lantai 2 rumahnya.

Sebelumnya Ivan memang sempat mendapat paket kiriman berupa pupuk urea. Namun ibu Ivan, Arista Purba, ibu Ivan, tidak curiga apapun karena setahunya urea untuk memupuk tanaman. Pupuk urea itu juga bikut diamankan.

Bahan lain yang diamankan dari rumah Ivan adalah trafo, pipa, semen, alumunium foil, baterai, pasport atas nama Ivan, dan kartu tanda siswa. (ril/ted/sam/jpnn)

Baca Juga:
> Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Santo Yosep Medan Tak Profesional, Ungkap Dalangnya!
> Ransel Ivan, Pelaku Bom Bunuh Diri Gagal di Gereja Santo Yoseph Dimusnahkan
> Kesaksian Mahasiswi USU yang Sempat Sebangku Ivan, Pelaku Bom Bunuh Diri Gagal di Gereja Santo Yoseph Medan
> Pastor Albert Menghindar Sebelum Ivan Meledakkan Diri di Gereja Santo Yoseph Medan
> Polisi Geledah Rumah Ivan, Pelaku Bom Bunuh Diri Gagal di Gereja Santo Yoseph Medan
> Ini Pengakuan Terbaru Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Santo Yoseph Medan
> Dua Teman Pelaku Bom Bunuh Diri Gagal di Gereja Santo Yoseph Medan Masih Diburu
> Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Santos Yoseph Medan Diduga Dendam dengan Pastor Albert
> Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Medan Bernama Ivan, Mahasiswa Berusia 20 Tahun
> Mabes Polri: Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Medan Pemain Tunggal
> Bom Bunuh Diri di Gereja Medan, Terorisme atau Dendam? Ini Penjelasan Mabes Polri
> Duarrrr! Bom Bunuh Diri Meledak di Gereja St Yosep Medan

Respon Anda?

komentar