Mau Sukses Ngelamar? Matangkan Diri Dulu Ya

828
Pesona Indonesia
Seribuan pencari kerja memadati Job fair yang digelar LP3I Kepri dan Batam Pos di Gedung Sumatera Promotion Centre, selam dua hari 27-28 Agustus 2016. Bursa kerja untuk Batam itu berhasil mengumpukan 900 pelamar di Batam. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos.
Seribuan pencari kerja memadati Job fair yang digelar LP3I Kepri dan Batam Pos di Gedung Sumatera Promotion Centre, selam dua hari 27-28 Agustus 2016. Bursa kerja untuk Batam itu berhasil mengumpukan 900 pelamar di Batam. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos.

batampos.co.id – Dalam kegiatan LP3I Kepri Job Fair Batam yang telah berlangsung selama dua hari yakni, 27-28 Agustus 2016 di Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC), memberikan banyak kesan bagi ribuan para pelamar yang mengunjungi kegiatan tersebut.

Pelamar tidak hanya sekedar mengantar lamaran ke stand-stand perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, tetapi penyelenggara acara yaitu LP3I yang bekerjasama dengan harian Batam Pos, sudah mempersiapkan talk show bermutu yang mampu memotivasi para pelamar.

Seperti yang dipaparkan pembicara dari Tanjungpinang, Reyco Siahaan, Minggu (28/8). Selaku trainer dan praktisi pendidikan, Reyco memberikan kiat-kiat agar pelamar bisa matang sebelum melamar kerja.

“Artinya, pelamar harus siap dari segala aspek penunjang sebagai layaknya seorang pelamar,” ujar Reyco.

Dijelaskannya, kebanyakan pelamar terhipnotis dengan budaya yang terburu-buru.

“Ada buka lowongan, masukin berkas tanpa tahu jelas perusahaan itu seperti apa,” lanjutnya.

Hingga saat wawancara, kendala pun bermunculan.

“Ketika ditanya pewawancara, langsung blank. Salah tingkah, sehingga wawancara tidak berjalan lancar,” sebut Reyco.

Hal inilah yang membuat para pelamar cukup terketuk untuk merubah cara dan sikap, agar sebelum melamar kerja bisa dengan penuh persiapan.

“Talk show-nya sangat membantu. Karena apa yang dipaparkan, keseluruhannya menyangkut dengan apa yang harus dibekali oleh setiap pelamar,” ujar salah satu pelamar kerja yang mengunjungi LP3I Kepri Job Fair Batam, Anggun.

Dari 25 perusahaan yang ikut dalam LP3I Kepri Job Fair Batam, diantaranya adalah perusahaan waralaba dan jasa berbasis massa seperti, Alfamart, Wak Jek, Mitra 10, dan Tempo Group.

Alfamart menjadi salah satu stand yang cukup ramai dikunjungi pelamar. Diakui tim recruitment Alfamart, Lora, lamaran yang masuk rata-rata tamatan SMA dengan mengambil posisi sebagai crew.

“Kita lakukan dua tahap tes yaitu kualifikasi berkas dan wawancara, jika memenuhi smua kriteria langsung diterima untuk bekerja dan ditempatkan untuk Alfamart area Batam,” terangnya.

Sementara dari stand perumahan Ciputra Group mengalami kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja posisi psikologi dan teknik sipil.

“Justru yang lebih banyak pilih jadi marketing, dari 100 pelamar yang sudah masuk. Jika memang sulit didapatkan di Batam, biasanya kami langsung rekrut dari Jakarta,” ujar HRD Ciputra, Gea.

Branch Manager LP3I Kepri Psianti Salwa Fitri menambahkan, kegiatan job fair ini diwacanakan akan menjadi agenda tahunan LP3I bersama Batam Pos.

“Sesuai konsep LP3I yang tepat dan cepat kerja, kami harus bisa sebagai fasilitator antara perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja,” tuturnya.

Dengan kata lain, LP3I harus tetap menjaga hubungan baik dengan banyak perusahaan, untuk membantu mengurangi jumlah pengangguran yang terbilang cukup tinggi di Batam.

“Diharapkan pelamar kerja juga bisa meningkatkan potensi diri dalam hal keahlian, penampilan juga kemampuan berkomunikasi yang baik, agar mempermudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan,” pungkas Psianti. (cr15)

Respon Anda?

komentar