SOTK Pemko Tanjungpinang Kian Ramping, Tunggu Evaluasi Pemprov

567
Pesona Indonesia
 Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), Riono. foto:yusnadi/batampos
Sekretaris Daerah, Riono. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Jajaran Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah merampungkan pembahasan penyusutan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) seturut dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sekretaris Daerah, Riono menjelaskan, draf SOTK baru tersebut sudah berada di tingkat provinsi guna dievaluasi sebelum kemudian dibahas di tingkat Kementerian Dalam Negeri.

“Beres di Pemprov langsung dikebut untuk diantar ke Kemendagri,” ujar Riono kemarin.

Selama pembahasan yang cukup intensif beberapa waktu lalu, Riono menjelaskan, efektivitas dan efisiensi harus menjadi pijakan dalam membahas beberapa peleburan atau perubahan instansi. Karena dengan begitu diharapkan dapat menekan angka anggaran rutin tahunan, namun menghasilkan kerja yang maksimal.

Terpisah, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengamini bahwa efisiensi sebagai tata-dasar penyusunannya susunan SOTK baru di Pemko Tanjungpinang.

“Yang kami ingini itu langsing di struktur, padat di fungsi,” kata Lis.

Langsing di struktur, kata Lis, adalah perkara jumlah SOTK. Dari yang sebelumnya berjumlah 28 unit kerja dipastikan terjadi pengurangan hingga 23-24 dinas saja. Badan Lingkungan Hidup, misalnya. Nantinya, badan ini bakal dilebur dengan Dinas Kehutanan.

Lalu Dinas Perindustrian dan Perdagangan turut melekat padanya bagian sumber daya mineral. Sementara Dinas Sosial Ketenagakerjaan justru mengalami pemerian. Dinas Sosial sendiri kemudian Dinas Ketenagakerjaan turut dilimpahi bidang koperasi dan UMKM.

“Banyak fungsi yang digabungkan ini jadi mengurangi bobot,” ucapnya. Bobot yang dimaksudkan adalah menyangkut pembiayaan rutin masing-masing dinas yang bersumber dari anggaran daerah. “Kalau masih pakai dinas tentu tipikal kebutuhannya besar. Lain jika sudah disusut dan digabungkan,” tambah Lis. Hanya saja belum dapat diterakan nilai rincian penghematan anggaran dari rencana penyusutan SOTK ini. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar