Bupati Anambas Berharap Kepala Desa Kelola Dana Desa Sesuai Aturan dan Mekanisme

476
Pesona Indonesia
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

batampos.co.id – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan pemerintah daerah telah berupaya untuk melakukan pelatihan-pelatihan pengelolaan anggaran desa demi tercipta pembangunan tepat sasaran. Sebab desa memiliki kewenangan tersendiri dalam melaksanakan kegiatan pembangunan menggunakan anggaran desa.

Oleh sebab itu kewajiban pemerintah daerah melakukan pembinaan adalah suatu keharusan. Sebelumnya pihak penegak hukum dari Kejaksaan telah melaksanakan sosialisasi pengelolaan anggaran, begitu juga dengan Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) beberapa waktu yang lalu.

“Pemkab terus berupaya keras melakukan pembinaan terkait pengelola anggaran khususnya tingkat desa,” Kata Haris, Senin (29/8).

Ia mengapresiasi lembaga pengawasan anggaran yang telah melaksanakan kegiatan di Anambas dalam pembinaan keuangan desa. Ia pun berharap kepada seluruh pemerintah desa agar dapat mengelola anggaran desa dengan maksimal dan jangan sampai berhadapan dengan penegak hukum setelah melakukan kesalahan yang merugikan uang negara. Potensi-potensi untuk melawan hukum selalu ada, jika setiap kepala desa memiliki niat melakukan perbuatan melawan hukum.

“Bekerjalah sesuai dengan aturan dan mekanisme, insa Allah akan terhindar dari segala melawan hukum,” harapnya.

Ketika disingggung beberapa kepala desa yang mengundurkan diri dari jabatannya karena besarnya dana desa yang mesti dikelola, ia mengatakan pihaknya telah mendapat laporan terkait kepala desa tersebut, tentu perlu diketahui kepala desa yang mengundurkan diri itu ia tidak memiliki kepercayaan dan kemampuan terhadap dirinya. Sebab rata-rata yang mengundurkan diri sebelum anggaran desa itu dikucurkan.

“Bisa jadi mereka yang mengundurkan diri dari jabatannya tidak memiliki rasa kepercayaan dan kemampuan mengelola anggaran,” jelasnya.

Lanjutnya, pemerintah daerah memiliki komitmen untuk melakukan pembinaan terhadap kepala desa dalam mengelola anggaran yang dikucurkan, selain itu saat ini desa juga menjadi unjung tombak dari bagian pelaksanaan pembangunan di suatu daerah.

“Kami tetap melakukan pembinaan kepada seluruh desa demi tercipat pembangunan yang tepat sasaran,” pungkasnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar