Kabar Pesawat Jatuh Hebohkan Soloraya, Ternyata…

1318
Pesona Indonesia
Jet tempur TNI AU. Foto: istimewa
Jet tempur TNI AU. Foto: istimewa

SOLO – Suara dentuman keras terdengar menggelegar di Soloraya, Karanganyar, Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/8) siang. Suara ledakan itu terdengar hingga Sukoharjo langsung menghebohkan warga sekitar.

Dikabarkan suara dentuman kuat itu berasal dari pesawat latih yang jatuh di Matesih, Karanganyar, sekitar 30 km dari kota Solo. Kabar jatuhnya pesawat itu pun menyebar dengan cepat melalui media sosial.

Seorang netizen menuliskan ledakan ini menyebabkan tembok rumah di Planggu, Trucuk, Klaten, terasa bergetar. Dia menyebut getaran ini bahkan terasa hingga Grogol, Sukoharjo.

“Baru saja ada suara letusan besar di wilayah trucuk , gak jelas arah sumber suara nya tapi rumah tembok terasa bergetar , posisi planggu trucuk,” tulis akun Dodik Bin Jumanto.

“Update Info.Sementara JET/Pesawat jatuh di karangpandan karanganyar,” tambah Dodik di grup Info Cegatan Klaten seperti dilansir Solopos hari ini (30/8).

Banyak netizen yang tinggal di Matesih, menjadikan foto profil BBM mereka dengan gambar pesawat jatuh.

“Tapi kayaknya itu foto hoax deh, gak foto asli pas kejadian,” tutup mahasiswa UNS ini.

Namun semua kabar tersebut dimentahkan Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak.

Kapolres mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Lanud Adisoemarmo Solo untuk mengetahui asal suara dentuman itu.

Menurut Kapolres, dari informasi yang diterima, ada pesawat F-16 dari Lanud Iswahjudi Madiun yang tengah latihan, dan mengeluarkan suara melebihi kecepatan suara (sonic boom).

“Jadi tidak ada pesawat jatuh. Tapi kami telah instruksikan seluruh Kapolsek di Karanganyar untuk menyisir lokasi-lokasi yang dimungkinkan ada suara dentuman tadi,” ujarnya seperti dikutip dari Solopos.com, Selasa.(solopos/ray)

Respon Anda?

komentar