Akibat Kabut Asap, Udara di Natuna Sudah Tidak Sehat

401
Pesona Indonesia
Lahan perkebunan warga terbakar. Sejak dua pekan terakhir  setiap hari terjadi kebakaran lahan dan hutan di Natuna. foto: aulia rahman/batampos
Lahan perkebunan warga terbakar. foto: aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Kepala Bidang Kesehtan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemkab Natuna, Hikmat Aliansyah, mengatakan, kabut asap beberapa hari terakhir di Natuna menyebabkan udara yang dihirup sudah tidak lagi sehat.

Untuk sementara, kata Hikmat, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan kabut asap itu belum berdampak signifikan bagi kesehatan masayarakat.

“Kami himbau khususnya anak-anak, kurangi bermain diluar rumah, udara sudah tidak sehat karena kabut asap. Kami akan terus memantau perkembangannya,” kata Hikmat, Selasa (30/8).

Menurutnya ada beberapa jenis penyakit yang bisa muncul pada kondisi seperti ini di antaranya gangguan pernapasan dan diare.

Namun hingga saat ini, katanya, belum ada laporan dari puskesmas tentang peningkatan kasus ispa, diare atau yang lain. Karenanya kondisi ini bisa diartikan sampai saat ini belum mengganggu kesehatan secara signifikan.

“Tapi perlu hati-hati, masyarakat harus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat pada kesehariannya,” imbau Hikmat.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar